Festival Pasar Terapung Even Pemanasan Jelang Visit Kalsel 2020

oleh -340 views
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengambil sendiri salah satu masakan yang ditampilkan di Kampung Banjar yaitu Mei Habang pada ajang Festival Pasar Terapung 2019.(Anas Aliando)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Festival Pasar Terapung  2019, dibuka Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor di Dermaga Siring Nol Kilometer, Jalan Sudirman Banjarmasin, Jumat (23/8/2019) petang.

Baca juga=Modus baru Pengiriman miras Ilegal ke Banjarmasin

Festival ini olah gawe Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel. Menampilkan berbagai macam suguhan seni dan budaya asli Kalimantan Selatan seperti, Kampung Banjar yang diisi berbagai stand yang menjual berbagai jenis kue dan masakan khas bumi Antasari seperti Apam, Cincin, Lamang, Mei Habang dan aneka kuliner lainnya. Ditampilkan juga berbagai kerajinan tangan warga Banua diantaranya Sasirangan dan aneka anyaman.

Festival ini juga menyuguhkan atraksi ema – ema yang berjualan diatas jukung.
Aneka permainan tradisional seperti balogo dan bagasing juga disuguhkan.

“Dengan adanya festival budaya seperti ini akan semakin mengangkat seni dan budaya Kalsel yang tentunya harus dilestarikan. Mengingat bangsa yang besar adalah bangsa yang berbudaya. Dan Kalsel adalah provinsi yang berperadaban.
Kita punya tari-tarian, musik, teater dan budaya lokal lainnya, yang sejatinya tidak boleh kita lupakan,” ujar gubernur kepada wartawan usai membuka even tersebut.

Gubernur yang akrab dipanggil Paman Birin ini berkata, Festival Pasar Terapung sudah masuk 100 even nasional dan sejalan dengan program Tahun Kunjungan Wisata Kalsel Tahun 2020.

“Ya ini pemanasan lah, jadi kita minta panitia dalam hal ini dinas pariwisata Kalsel lebih dahsyat lagi dalam pelaksanaannya. Tujuannya tentu tidak lain, agar mendatangkan sebanyak-banyaknya wisatawan, yang secara tidak langsung juga akan menumbuhkan perekonomian,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dnas Pariwisata Provinsi Kalsel, Dahnial Kifli mengatakan, melalui even ini, pihaknya berharap akan lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung ke banua. “Target kita Tahun 2019 ini 1 juta wisatawan yang datang ketempat kita dan kita optimis bisa tercapai,” ujarnya.

Untuk ajang Festival Pasar terapung 2019, Dahnial menargetkan paling tidak bisa menyedot pengunjung sebanyak 5000 orang, karena waktu kegiatan pada akhir pekan dimana berbarengan juga dengan wisata Siring Tendean yang selama ini selalu ramai.

Pria yang akrab dipanggil Datu Aling ini menjelaskan, Festival Pasar Terapung terselenggara dengan baik berkat kerjasama dari semua pihak. Bahkan support khusus juga datang dari DKI Jakarta yang datang secara khusus meramaikan even ini dengan mengisi acara budaya.

Baca juga=Modus baru Pengiriman miras Ilegal ke Banjarmasin

“Kami juga mendatangkan vokalis Seventeen dan finalis Master Chef Indonesia Tahun 2019 asal Kalimantan Selatan,” tutupnya.

Penulis: Anas Aliando
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com