Dinsos Provinsi Laksanakan Perlindungan dan Pelayanan Sosial 

AMUNTAI, K.Pos – Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama dengan Dinas Sosial Provinsi Kalsel melaksanakan perlindungan dan pelayanan sosial bagi penyandang disabilitas melalui Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK).
Pelaksanaan digelar selama empat hari semenjak 20-23 Agustus di Dinas Sosial Kabupaten HSU.
Melalui UPSK para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dapat memperoleh pelayanan dan rehabilitasi sosial sesuai dengan permasalahan yang dihadapinya. Selain itu, mencarikan solusi terbaik melalui layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi penyandang disabilitas atau PMKS lainnya.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSU H Rizali Eswansyah mengakui, kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi warga masyarakat yang menyandang status PMKS.
“Hal ini merupakan salah satu program dari pemerintah untuk meningkatkan dan memperluas jangkuan pemberian pelayanan sosial secara lebih merata serta adil kepada para Penyandang Disabilitas,” katanya.
Selain itu juga bertujuan untuk mendeteksi dini, konsultasi dan rekomendasi penangan permasalahan serta penyebaran informasi tentang sistem sumber pelayanan sosial yang dapat diakses Penyandang Disabilitas, Mendorong dan merangsang partisipasimasyarakat agar bersedia berperan aktif dalam penyelenggaraan upaya penanganan Penyandang Disabilitas.
Dirinya berpesan kepada para pendamping, dokter dan psikolog agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam kegiatan ini.
Sementara itu,  Yudhiana Khusnan dari Dinsos Provinsi Kalsel menyebut bahwa melalui kegiatan ini diharapkan para penyandang disabilitas mampu menunjukkan kelebihannya melalui potensi-potensi yang ada pada diri mereka, meski dibawah keterbatasan secara fisik.
” Melalui pemberian keterampilan-keterampilan singkat, seperti Pelatihan Sablon, Anyaman Purun dan eceng gondok yang merupakan kearifan lokal HSU. Hal-hal seperti inilah yang kami coba gali dan titik beratkan kepada mereka para penyandang disabilitas,” ujar Yudhi.
Yudhi mengakui fenomena dilingkungan masyarakat bahwa para penyandang disabilitas tidak banyak mendapatkan fasilitas dan tidak banyak mendapatkan perhatian,” Karenanya pemerintah, mulai dari pusat sampai kedaerah berusaha sejauh mungkin untuk memperluas bantuan nya kepada penyandang disabilitas,” pungkasnya
Dalam kesempatan ini, Hj Raudhatul Jannah Sahbirinnor didampingi Ketua TP PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid juga berkesempatan mengunjungi para peserta kegiatan yang berasal dari beberapa desa di Kabupaten HSU.
Penulis: Adiyat/tim
Penanggung Jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Bacaan Lainnya

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait