Desa Baroqah Bangun Jaringan Radio Komunikasi Kamtibmas

oleh -376 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Agar terjalinnya komunikasi serta terjaminnya keamanan dan ketertiban masyarakat antar wilayah di Desa Baroqah, pemerintah desa membangun suatu sistem Jaring Radio Komunikasi Kamtibmas yang bekerjasama dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) selaku penyedia frekuensi.

Baca juga=Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

Dengan adanya sistem komunikasi ini segala sesuatu hal informasi yang mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat dapat diketahui secara cepat, tepat dan akurat sehingga dapat dengan cepat ditanggulangi.

Sekretaris Desa Baroqah, Taufik Rahman, menjelaskan, dengan diadakannya alat komunikasi radio yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) ini, kepala desa, RT, serta Babinsa dan Babinkamtibmas dapat saling berkomunikasi dalam satu frekuensi yang telah disediakan untuk menginformasikan keadaan di tiap-tiap wilayah masing-masing.

Sistem komunikasi ini juga sudah terhubung dengan pemadam kebakaran. Semua pemegang alat komunikasi akan selalu standby dan memantau kondisi wilayahnya masing-masing, dan jika ada terjadi suatu hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban, maka akan diinformasikan melalui radio tersebut. Sehingga seluruh pemegang alat komunikasi dapat mengetahui informasi tersebut dan bersiaga di wilayahnya ataupun langsung ikut membantu ke wilayah yang terjadi gangguan keamanan dan ketertiban, paparnya.

Rudi salah satu tokoh masyarakat desa tersebut, mengatakan, dengan adanya jejaring radio komunikasi Kamtibmas tersebut dapat menciptakan rasa aman bagi warga desa maupun pendatang yang berdomisili sementara di Desa Baroqah.

Baca juga=Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

Ia berharap kepada Pemerintah Desa Baroqah kedepannya sistem komunikasi ini dapat lebih dikembangkan lagi agar bisa lebih sempurna, baik itu dari segi peralatan maupun dukungan teknis serta keikutsertaan masyarakat dalam penggunaan sistem ini.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com