Air Baku “Asin” PDAM berharap Hujan segera turun

oleh -647 views
Direksi dan managemen PDAM beserta tim Forpam bersama perwakilan pelanggan berfoto bersama usai kegiatan sosialisasi di Kelurahan Sungai Lulut Kabupaten Banjar.

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Untuk menjaga kualitas air bersih kepada pelanggan hingga layak konsumsi, di saat musim kemarau seperti sekarang ini PDAM Bandarmasih mencampurkan air baku di Sungai Bilu dengan Sungai Tabuk.

Baca juga=Modus baru Pengiriman miras Ilegal ke Banjarmasin

Pencampuran ini dikarenakan kualitas ambang batas atau kadar garam yang terkandung dalam air baku di Sungai Bilu, sudah hampir melebihi ambang batas yang telah ditetapkan.

“Ya air baku Sungai Bilu kadar keasinannya sudah 219 miligram per liter, sementara batas maksimal 250 miligram per liter,” kata supervisi meter air PDAM Bandarmasih, ferry A Kurniawan disela – sela sosialisasi bekerjasama mitra kerja Forpam upaya menuju pelayanan prima di Kelurahan Sungai Lulut Kabupaten Banjar, Selasa (27/8).

Karena itu ucapnya, pihak perusahaan penyedia air bersih itu berharap dalam waktu dekat ada turun hujan. Sebab jika kemarau ini terus terjadi maka dikhawatirkan intrusi air laut semakin tinggi dan bila terjadi melebihi ambang batas 250 miligram perliter maka air baku Sungai Bilu tidak bisa lagi di olah dan mesim pompa akan di stop.

“Ya jika kadar garam dengan tingkat keasinannya melebihi ketentuan, harapan kita hanya mengoptimalkan sumber air baku di Sungai Tabuk,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Ferry, saat ini kondisi intake pengolahan air di Sungai Bilu masih beroperasi dengan normal, meski kadar intrusi air laut terus naik. Namun demikian PDAM Bandarmasih tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dan prima kepada pelanggan salahsatunya dengan mencampur air baku dari Sungai Bilu dengan Sungai Tabuk guna menetralisir kadar garam yang terkandung dalam air saat ini.

“Ya opsinya adalah kita mencampur dengan air sungai tabuk agar air ini bisa tetap diolah layak konsumsi,” terangnya.

Sementara itu Lurah Sungai Lulut, Djamaluddin mengungkapkan, apresiasinya dari sosialisasi ini sebab dengan tatap muka langsung dengan direksi jajaran PDAM Bandarmasih, masyarakat yang menjadi pelanggan bisa menyampaikan keluhan dan hal apa saja terkait dengan pelayanan selama ini.

Baca juga=Modus baru Pengiriman miras Ilegal ke Banjarmasin

“Alhamdulillah pertemuan ini kita apresiasi terutama dalam upaya peningkatan kepada pelanggan,” bebernya.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com