Bupati Dukung Pelayanan Eraterang PN Rantau

  • Whatsapp

RANTAU, Kalselpos.com – Pengadilan Negeri Rantau Kelas II bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tapin sosialisasikan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Elektronik Surat Keterangan (Eraterang). Senin (19/8) bertempat ruang utama sidang PN Rantau.

Baca juga=Kodim Rantau Siaga Bersama Cegah Karhutla

Bacaan Lainnya

Sosialisasi dibuka oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan dengan dihadiri Ketua Pengadilan Negeri Rantau Erven langgeng kaseh, SH MH, Wakil Ketua PN Rantau Y Purnomo Suryo adi SH MHum dan Humas PN Rantau Indra Kusuma H SH MH.

Ketua Pengadilan Negeri Rantau Erven Langgeng Kaseh menjelaskan bahwa Mahkamah Agung telah meluncurkan program aplikasi bernama E raterang ( surat keterangan) hal ini di peruntukan untuk memberikan pelayanan jangkauan luas dan cepat kepada warga masyarakat dalam memgurus surat menyurat di pengadilan negeri rantau.

“Jadi eraterang adalah aplikasi online dikeluarkan Mahkamah Agung untuk memberikan kemudahan membuat surat keterangan secara elektronik yang bisa diaskes oleh pemohon dengan menggunakan handphone android atau komputer melalui jaringan internet, “jelasnya didampingi Wakil Ketua Y Purnomo Suryo san Humas PN Indra Kusuma.

Adapun surat keterangan yang bisa dibuat secara online yaitu diantaranya suratbketerangan tidak sedang pernah di pidana, surat keterangan tidak sedang dicabut hak politiknya dan surat keterangan pidana karena kealpaan karrna alasan politik tidak memiliki hak tanggungan karena pailit.

Dengan adanya aplikasi surat keterangan baik secara perorangan maupun diwakilkan bisa mendapatrkan aplikasi ereterang melalui perangkat ponsel atau komputer jadi tidak perlu lagi antri mengajukan di pengadilan, setelah syarat terpenuhi pemohon bisa mengambil langsung surat keterangan di Pengadilan, “tukasnya.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam sambutanya menyampaikan, menyambut baik kegiatan sosialisasi pelayanan satu pintu di pengadilan negeri rantau pembuatan surat keterangan secara elektronik.

“Ini sangat penting untuk diketahui semua warga masyarakat terleih lagi sebagai aparatur pemerintah tentunya warga masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat dan mudah untuk mendapatkan surat keterangan dari pengadilan negeri Rantau, “ucapnya.

Berharap setelah mengikuti kegiatan ini baik camat, operatur kecamatan dan kepala desa bisa menjalankan kembali untuk diteruskan kepada masyarakat lingkungannya.

“Berharap kepada camat kepala desa bisa memcatat dan menyimak dengan baik dan menyampaikan kembali kepada masyarakat lingkungan masing-masint adanya elektronik surat keterangan di pengadilan negeri Rantau, “katanya.

Sementara Panitia Pelaksana Indra Kusuma melaporkan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan cepat dan mudah kepada masyarakat secara elektronik dalam membuat surat keterangan.

Baca juga=Kodim Rantau Siaga Bersama Cegah Karhutla

Peserta Camat Se Tapin, Ketua Forum Kepala Desa Se Tapin dan Operator masing-masing kecamatan se Tapin.

Penulis:Dillah
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.