101 Desa ikuti Jambore Forum Anak 2019

oleh -417 views
AMUNTAI, K.Pos – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Jambore Forum Anak Daerah (FAD) Tingkat Kabupaten Tahun 2019, Minggu (18/8)

Baca juga=Paguyuban PJK Terkesan Dengan Situs Candi Agung Amuntai

Sebanyak 101 Desa mewakiki peserta Jambore FAD. Berarti kini ada 101 desa yang sudah membentuk forum anak.
Kegiatan sendiri meliputi lomba menghapal hak-hak anak, dan klaster-klaster kabupaten layak anak. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan tentang hak-hak anak sejak dini.
Selain itu juga digelar pentas seni seperti drum band, menyanyi, Madihin dan Maulid Habsyi.
Kepala DPPPA Hj. Gusti Iskandariah, S.Sos, M.AP mengatakan, kegiatan ini rutin digelar setiap tahun dan pada tahun 2019 pihaknya mencoba mengenalkan forum anak ini kepada masyarakat luas sehingga kegiatan ini dilaksanakan di terbuka Pendopo Lapangan Pahlawan Amuntai.
“Pada jambore tahun ini kita mencoba menampung kreativitas anak yang tergabung dalam forum anak Kabupaten Hulu Sungai Utara, kemudian selanjutnya kita salurkan kreativitas mereka dalam kompetisi yang sederhana namun bermakna, ” ungkap Gusti.
Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si sendiri menyambut baik adanya kegiatan tersebut. Anak merupakan aset berharga bagi negara sebagai salah satu Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat penting dalam upaya  meneruskan cita-cita perjuangan Bangsa dan melanjutkan pembangunan di masa yang akan datang.
“Karenanya,  kita harus memperhatikan pendidikan, perlindungan dan tumbuh kembang anak,” terang Wahid.
Bupati juga menambahkan saat ini, Kabupaten HSU telah menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak di tingkat Madya. Karenanya pemerintah mengupayakan untuk memberikan fasilitas bermain anak yang representatif dan terbuka.
” kepada peserta Jambore untuk menjaga hubungan baik terhadap sesama terlebih lagi dengan orang tua dirumah. Dan juga menjauhkan diri dari hal-hal yang negatif seperti narkoba, perkelahian, dan pergaulan bebas,” pesannya.

Baca juga=Paguyuban PJK Terkesan Dengan Situs Candi Agung Amuntai

Kesempatan itu, Bupati Wahid menyempatkan diri untuk meninjau Fasilitas Anak yang ada di sekitar Lapangan Pahlawan Amuntai. Bupati meminta masyarakat untuk sama-sama menjaga dan merawat fasilitas bermain anak yang ada, demi kepentingan dan kenyamanan anak-anak di HSU.
Penulis:Adiyat
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com