Wujudkan Forest City perlu Dukungan Semua Pihak

oleh -439 views
Hanif Faisol

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Keinginan Gubernur Kalsel, H.Sahbirin Noor untuk menjadikan Kalsel menjadi Kota Hutan ( Forest City) bukan Hutan Kota. Hal ini akan menjadi kewajiban bagi setiap daerah tanpa terkecuali. Nanti semua rumah dan bangunan tidak perlu pendingin ruangan lagi, karena begitu buka pintu dan jendela, angin segar akan masuk.

Baca juga=Baca juga=Banjarmasin siap Deklarasikan “Kota Bebas Pasung”

Hal ini juga diwacanakan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) terwujud di Bumi Antasari.Untuk itu dalam waktu dekat program tersebut akan dideklarasikan.

“Ya hal ini perlu di dukung semua pihak meski program tersebut untuk jangka panjang,” ujar Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Hanif Faisol kepada wartawan, belum lama tadi.

Ia menambahkan Forest City ini sejalan dengan Revolusi Hijau (RH) yang dicanangkan Gubernur, sehingga untuk mewujudkannya dinilai bukanlah keniscayaan ataua sekedar angan- angan semata

“Embrio nya sejak revolusi hijau,” tambahnya.

Lanjut Hanif, Forest City nantinya adalah kota di tengah-tengah hutan dengan berdirinya pohon – pohon yang rindang. Setiap daerah harus membentuk tata ruangnya sehijau mungkin.

Saat ini, Pemprov dan DPRD Kalsel pun tengah menggodok regulasi agar cita-cita Forest City di Kalsel bisa terwujud.

“Perdanya sedang dikaji,” terang Hanif.

Forest City dijadikan indikator utama kota lestari, kota-kota maju di seluruh negara besar juga gencar mencanangkan ini. Sehingga menurut Hanif, semua sektor harus mendukung kegiatan itu. Kemudian terkait upaya saat ini sudah menanam seluas 6800 hektar.

Hanif yakin, Forest City bisa terwujud setidaknya dalam 20 tahun mendatang. Itu jika ditargetkan penanaman sebanyak 32000 hektar per tahun.

“Asumsi kami tercapai. Persiapan lapangan sudah signifikan,” beber Hanif.

Baca juga=Baca juga=Banjarmasin siap Deklarasikan “Kota Bebas Pasung”

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Suwardi Sarlan mengungkapkan, sepanjang menyangkut kepentingan masyarakat kalsel, program pemprov senantiasa didukung. Apalagi jika menyangkut kemaslahatan nasional.

“Bahkan ini kepentingan dunia,” ungkapnya.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com