Wisata Berbasis Komunitas terus di Genjot, Pokdarwis terima Bantuan Stiimulan

oleh -283 views
Dahnial Kifli, Kadis Pariwisata Provinsi Kalsel.(Anas Aliando)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan terus melakukan pembinaan dan komunikator untuk memajukan program pengembangan pariwisata di Bumi Lambung Mangkurat.

Upaya yang dilakukan antara lain, memberikan bantuan material dan plang nama  dan Sapta Pesona kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) maupun kawasan wisata diberbagai titik wisata di banua.

Baca juga=Golden Banjarmasin Juarai Basket “Three On Three” HUT Bhayangkara ke 73

“Sejauh ini sudah ada 11 Pokdarwis di Kalsel yang menerima bantuan material baik itu cat atau plang nama,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, Dahnial Kifli kepada kalselpos.com, Senin (8/7/2019) siang.

Diutarakan pria yang akrab dipanggil Datu Aling ini, Pokdarwis yang menerima bantuan antara lain, Jembatan Barito, Matang Kelayan, Danau Tamiyang, Komplek Makam Sultan Suriansyah, Komplek Makam Habib Basirih, Kampung Hijau, Kampung Bunga, Kampung Sasirangan, Kampung Biru dan Mawarung Baimbai.

“Bantuan tersebut termasuk dalam program bantuan yang digelar atas kerjasama Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel dengan pihak swasta,” cetusnya.

Dahnial berujar, bantuan stimulan bagi para Pokdarwis dimaksud agar mereka dapat terus serius mengembangkan kawasannya masing-masing sebagai bibit-bibit titik wisata menarik berbasis komunitas di Kalsel.

“Dengan bantuan berupa cat berwarna-warni,  konunitas penerima bantuan bisa mempercantik lingkungan sekitarnya dan dengan adanya plang nama dan Sapta Pesona bisa tingkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap menarik sebagai potensi wisata,” imbuhnya.

Tak hanya melalui pemberian bantuan, Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel juga gencarkan melakukan Roadshow Pelatihan Tata Kelola Destinasi se Kalsel yang dimulai sejak awal Tahun 2019 ini.

Dahnial berkata, setiap pelatihan dalam Roadshow dihadiri setidaknya 50 peserta baik dari anggota komunitas Pokdarwis, Aparatur desa maupun Dinas Pariwisata setempat.

Baca juga=Golden Banjarmasin Juarai Basket “Three On Three” HUT Bhayangkara ke 73

“Materi yang disampaikan terkait kebijakan umum pariwisata Provinsi Kalsel, peran Pokdarwis dalam pengelolaan obyek wisata, tata kelola wisata hingga sosialisasi Geopark Pegunungan Meratus,” tandasnya.

Penulis: Anas Aliando
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com