Warga Minta Pengaspalan Jalan

oleh -358 views

BATULICIN,kalselpos.com-Masyarakat Kusan Hulu mengharapkan jalan penghubung desa yang dilakukan pengaspalan dikerjakan dengan baik.

Harapan itu tidak lepas lantaran hampir 15 tahun berjalan, semenjak Kabupaten tanah bumbu menjadi kabupaten, dari kabupaten induk Kota baru, Kalimantan Selatan, Jalan penghubung di 5 desa antara Desa Bina wara hingga desa lasung hulu tidak tersentuh oleh pembanggunan infrastruktur jalan dengan baik.

Baca juga=Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

Kini, upaya pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, dalam rangka pembanggunan infrastruktur Pengaspalan jalan terkendala oleh fenomenal alam (banjir) yang terjadi pada bulan juni lalu.

Program pemkab tanbu, dalam rangka pembanggunan infrastruktur, untuk mengaspal jalan antar di 5 desa hinga satiung (kecamaran kusan hilir) terkendala dengan adanya banjir, pada  bulan lalu. yang mengakibatkan kerusakan pada pengaspalan sepanjang 2 KM dari Desa Manuntung menuju Desa Binawara.

Menurut Kepala Dinas PUPR Tanbu, melalui Kabid Binamarga, Hernadi Wubisono, Kepada Kalsel pos menjelaskan, proyek tersebut merupakan produk, mengingat kondisi jalan penghubung di lima desa yang cukup jauh dari kota.

Adapun Panjang proyek jalan tersebut 6 Km dengan lebar badan jalan 4 meter yang melintasi 4 Desa Binawara, Anjir Baru, Sungai Rukam dan Desa Manuntung.

Disampaikanya, pengerjaannya dimulai dari Desa Manuntung dulu menuju ke jalan besar, yaitu, Desa Binawara, dana tersebut bersumber dari dana DAK, dengan nilai anggaran sebesar 11 Meter.

“Progres kerja kami tahun depan, jalan itu akan ditembuskan ke Desa Lasung hulu, hingga desa satiung, yang kebetulan desa satiung masuk ke kecamatan Kusan Hilir,”bebernya.

Disampaikannya, Pertenggahan Ramadhan lalu pihaknya mulai kerjakan hingga 2 Km yang dimulai dari Desa Manuntung menuju Desa Binawara.

“Akan tetapi pada bulan juni kemarin, tepat nya tgl 5-10 Juni terjadi banjir yang mengakibatkan aspal tersebut rusak mengalami pengikisan, akibat tanah bawah aspal tersebut hingga mengeser posisi jalan itu. Meski kondisi jalan tersebit masih bisa dilalui,”ujarnya.

Langkah langkah PU dalam hal ini ki akan berkonsultasi ke BPK RI perwakilan Kalsel. Dari sisi pertanggung jawaban nya. Sebab, dana tersebut bersumber dari DAK.

“Apakah kerusakan itu bisa di ganti dengan dana APBD atau tidak bisa. Manakala tidak bisa di ganti dengan sber dana APBD maka sisa anggaran nya akan kami lanjutkan sampai dimana anggaran itu terserap,”ujarnya

Baca juga=Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

Mengingat kondisi infrastruk di jalan penghubung lima detik sa itu sangat dibutuhkan masyarakat. “Kami Kasihan kepada masyarakat yang sudah bertahun tahun menunggu akses jalan tersebut nyaman dilalui utk kebutuhan jalan Masyarat tiap hari” pungkas nya.

Penulis:Kristiawan
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com