Tingkatkan Pelayanan dan Profesionalisme Kebidanan

oleh -353 views
Ikatan Bidan Indonesia Banjarbaru (IBI)

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Profesi Bidan adalah tenaga profesional yang bertanggungjawab dan akuntable, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa kehamilan, persalinan dan nifas.

Bidan juga bertanggungjawab memberi asuhan kepada bayi baru lahir dan hingga balita
Pelayanan kebidanan merupakan bagian integrasi dari pelayan kesehatan, yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga sesuai dengan kewenangan dalam rangka tercapainya keluarga
berencana yang bahagia.

Baca juga=Pengawasan Proyek Lemah Satker BKPP Banjarbaru dipertanyakan

“Peranan bidan dalam masyarakat sebagai tenaga terlatih yang profesional dengan memberikan pelayanan terbaik,” kata Fitriani. Amd. Keb.

Oleh karena itu seorang bidan sebagai tenaga terlatih, meningkatkan penerimaan gerakan keluarga berencana, memberi pendidikan dan menikatkan deteksi dini komplikasi untuk rujukan ke rumah sakit.

Fitriani menambahkan, dalam prakteknya Bidan berpegang pada paradigma kebidanan dengan memberikan pelayanan profesional.

“Pandangan individu, lingkungan terhadap pelayanan kesehatan dan keturunan,” terang Alumni Akbid STIKES MUHAMMADIYAH (UMB) ini.

Lanjut Fitriani, aspek pelayanan sangatlah penting untuk menjadi lebih maksimal
dalam pelayanan kebidanan itu sendiri dengan penuh kehati – hatian serta ketelitian sehingga segala resiko baik secara administrasi
dan medis bisa dihindari.

” Setidaknya mencegah potensi resiko human eror atau kesalahan atau kelalaian,” tuturnya.

Profesi bidan tidaklah mudah untuk di jalani, perlu mental dan daya tahan yg sangat kuat serta taat aturan hukum yg berlaku khususnya yg melandasi kegiatan praktek bidan. Sebaliknya selain bidan perempuan (ibu) sebagai
pasien sangat penting juga hak hak nya untuk diperhatikan serta dilayani dengan baik tanpa harus melihat perbedaan terhadap si miskin dan kaya.

Baca juga=Pengawasan Proyek Lemah Satker BKPP Banjarbaru dipertanyakan

“Menjadi bidan terampil sangatlah tergantung pada kualitas dan kemampuan si bidan itu sendiri sehingga profesi bidan sangatlah mulia dalam bidang sosial sebagai bagian dari jasa
kesehatan,” tukasnya.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com