Siswa SMK Al- Bukhari Kunjungi KRI Sampari

KOTABARU, K.Pos – Sejumlah siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  Islam Pelayaran Al-Bukhari Kotabaru memadati geladak Kapal Perang TNI-AL KRI Sampari 628  yang telah bersandar di Pelabuhan Stagen Kotabaru beberapa waktu yang lalu dan kedatangannya ini dalam rangka operasi perairan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) Isak Rapang, SE , M.Si, M.Tr Hanla.

Bacaan Lainnya

Baca juga=PKB Kotabaru Gelar Syukuran dan Silaturahmi

Kedatangan kapal perang ini disambut dengan gembira oleh para siswa dan siswi SMK Pelayaran Kotabaru karena dengan datangnya kapal perang ini tentunya mereka ingin melihat secara dekat kapal perang buatan dalam negeri ini serta bisa dan dapat langsung bertanya kepada para ABK tentang sistem persenjataan yang dimiliki oleh KRI Sampari 628 ini.

Untuk di ketahui KRI Sampari 628 merupakan Kapal Cepat Rudal Kelas 60 meter merupakan salah satu jenis kapal perang Republik Indonesia bertipe kapal cepat rudal, yang pembuatannya sendiri dilakukan PT.PAL di Surabaya. Kelas 60m merupakan kapal pemukul reaksi cepat yang dalam pelaksanaan tugasnya mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat, menghancurkan target sekali pukul dan menghindar dari serangan lawan dalam waktu singkat pula.

Kapal yang berukuran panjang 60 meter, lebar 8,10 meter, dan berat 460 ton ini memiliki sistem pendorong handal yang mampu berlayar dan bermanuver dengan kecepatan 28 knot.

Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S.ST di depan awak media menyampaikan bahwa, terima kasih atas kedatangan kapal perang yang berkunjung di Kotabaru ini, selain mengemban misi khusus kapal ini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat umum khususnya masyarakat Kotabaru untuk melihat secara dekat keberadaan kapal perang buatan dalam negeri ini.

“Kepada masyarakat khususnya generasi muda di Kabupaten Kotabaru ini untuk bisa dan dapat mencintai laut serta siapa tahu nantinya ada diantara yang mempunyai niat atau bercita-cita untuk bergabung menjadi prajurit TNI-AL,” ucap Danlanal.

Baca juga=PKB Kotabaru Gelar Syukuran dan Silaturahmi

KRI Sampari 628 ini lanjutnya, “tidak akan lama berada di Kotabaru karena kapal perang ini tentunya akan melanjutkan perjalanannya untuk mengemban dalam melaksanakan tugas negara, yaitu menjaga perairan Indonesia,” tandasnya.(ana)

Penulis: Muliana/ardiansyah/uzi
Penanggung Jawab : S. A. Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait