PT TBM sukses Kembangkan Perkebunan Inti Plasma

oleh -194 views
Anggota KSU berfoto bersama

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Provinsi Kalimantan Selatan dinilai menyimpan potensi besar di bidang perkebunan Kelapa Sawit. Perkembanga sawit di banua ini cukup pesat, pengembangannya dimulai tahun 1990-an sampai dengan sekarang.

Komoditas ini pula terus dikembangkan sejumlah perusahaan besar negara dan swasta, maupun perkebunan rakyat yang menjadi andalan salahsatunya di kawasan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin,yang memilki sejumlah perusahaan perkebunan sawit,mulai berskala perusahaan besar adalah PT Tri Buana Mas (TBM). Dan kelompok usaha Astra Agro Lestari Tbk, belum lama ini sukses mengembangkan diri dalam pola perkebunan inti plasma. Dan TBM selaku perusahaan perkebunan sawit terbesar ini pun layak dinilai sebagai perusahaan sangat baik atas Penghargaan tersebut, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan tim Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel terhadap perusahaan atas beberapa kriteria terhitung Senin hingga jumat (28/6 ).

Baca juga=Teriakan “MURKA” membahana di Banjarmasin City Rock 2019

Penilaian sendiri meliputi legalitas manajemen selain itu melihat secara detail kebun yang berkaitan dengan ekonomi wilayah termasuk pengelolaan lingkungan yang dilakukan perusahaan sehingga kriteria perusahaan sangat baik.

“Kebun plasma dilakukan PT Tri Buana Mas, sudah sesuai standar teknis dan layak untuk dikonversi, selain itu hubungan harmoni dengan Koperasi Serba Usaha (KSU) Bangun Banua,” ujar Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel , Drh Suparmi didampingi Hj Nurhainah, Kepala Seksi Pembiayaan, Investasi dan Ketenagakerjaan, kepada wartawan, akhir pekan tadi (29/6).

Penilaian melibatkan 22 penilai dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja diwaktu-waktu mendatang, termasuk mendorong kesejahteraan masyarakat di sekitar perkebunan sawit.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Kecamatan Candi Laras Utara, meapresiasi positif kepada TBM. Keseriusan perusahaan membangun perkebunan sekaligus memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pemkab sendiri terus mengikuti perkembangan perusahaan dari waktu ke waktu.

Hal ini dilakukan sejak penanaman perdana sampai pembukaan lahan perkebunan sawit. Selaian mengembangkan Inti Plasma yang terbilang baik dan professional, seluas 2.500 hektare,TBM dianggap lebih peka memberikan pengawasan khusus berkaitan dengan lingkungan dan perhatiannya kepada masyarakat Candi Laras Utara dan sekitarnya.

“Konversi kebun plasma ini membuktikan bahwa TBM cukup peka dan peduli dalam mensejahterakan masyarakat di sekitar perkebunan. Oleh karenya ucapan terima kasih karena lima desa yaitu Suwaja, Buas-Buas,Buas-Buas Hilir, Teluk Haur dan Batalas, karena ada 1.984 KK yang menerima, ” terang Ketua Koperasi Serba Usaha Bangun Banua, Muhammad Noor,

CDAM Astra Agro Lestari, Area Kalsel, Jaenudin mengatakan pembangunan kebun plasma bagian dari keikutsertaan perusahaan perkebunan dalam pembangunan daerah dan bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 98 tahun 2018 tentang Pedoman Perizinan Usaha Perkebunan, plasma masyarakat dapat dibangun dari lahan di luar konsesi yang luasnya setara dengan 20% HGU.

Baca juga=Teriakan “MURKA” membahana di Banjarmasin City Rock 2019

“Alhamdulillah, kita sudah membangun kebun plasma seluas 2.500 hektare lebih, dan dilimpahkan kepada koperasi plasma dengan anggota 1900 lebih KK meliputi 5 desa,” tukasnya.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com