Meminimalisir Bencana, Bupati Keluarkan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla ‎

oleh -495 views
MENYERAHKAN- Bupati HSS, Achmad Fikry, saat menyerahkan bantuan bencana yang diserahkan kepada tagana.(Sofan)

KANDANGAN, Kalselpos.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Satan (HSS) menetapkan status siaga darurat penanganan kebakaran lahan hutan. Penetapan status siaga darurat karhutla melalui kepusan Bupati HSS no 188.45/212/KUM/2019.

“Status siaga darurat ditetapkan selama 5 bulan mulai 1 Juli hingga 30 November 2019,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)‎ Kabupaten HSS, Efran, Rabu (10/7).

WAWANCARA- Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, tentang siaga bencana karhutla di Kabupaten HSS.(Sofan)

Baca juga=Khatam Quran, Bupati Fikry Apresiasi Bank Kalsel Syariah‎ Kandangan

Menurut Efran, penetapan status siaga darurat karhutla tersebut, dalam rangka penanganan, pencegahan dan meminimalisir dampak karhutla. “Status siaga darurat penanganan karhutla bisa diperpanjang atau diperpendek, sesuai dengan kebutuhan dilapangan,” ujarnya.

Dikatakan Efran, berdasarkan perkiraan musim kemarau 2019 di HSS oleh Badan Mereorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Kelas I Banjarbaru pada 09 Mei 2019, perkiraan awal musim kemarau berdasarkan zona musim zon 273 dan zom 274 masuki kemarau Juni 2019.

Nah, berdasarkan pertimbangan tersebut maka perlu ditetapkan status siaga darurat penanganan karhutla di Kabupaten HSS melalui keputusan Bupati HSS.

MEMANTAU- Kepala BPBD Kabupaten HSS, Efran, memantau kesiagaan petugas penanganan bencana.(Sofan)

Untuk melaksanakan status siaga darurat tersebut, telah dibentuk posko di kabupaten, disetiap kecamatan dan posko-posko lapangan pengendalian operasi, yang melibatkan BPBD, TNI, Polri, perusahaan, relawan dan lainnya. “Dengan kesiapan yang telah dilakukan diharapkan bisa meminimalisir jika terjadi karhutla di HSS,” harpnya.

Baca juga=Khatam Quran, Bupati Fikry Apresiasi Bank Kalsel Syariah‎ Kandangan

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com