Membumikan Susur Sungai

oleh -195 views
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor ikut naik kelotok dalam acara Susur sungai yang diadakan BMPD Kalsel Sabtu pagi.(Anas Aliando)

BANJARMASIN, kalselpos.com -Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengharapkan peran serta semua pihak untuk memajukan sektor pariwisata di Kalimantan Selatan.

“Untuk perkembangan pariwisata di Kalsel tidak bisa hanya dilakukan pemerintah. Peran semua pihak sangat diharapkan untuk berpartisipasi baik dalam hal infrastruktur pendukung maupun promosi,” ujar gubernur setiba di Dermaga Siring Nol Kilometer Banjarmasin usai menaiki kelotok dalam acara Susur Sungai yang diadakan Badan Musyawarah Perbankan Daerah Kalsel untuk mendukung perkembangan sektor pariwisata di Banua, Sabtu (20/7/2019) pagi.

Baca juga=Banjarmasin siap Deklarasikan “Kota Bebas Pasung”

Gubernur yang akrab dipanggil Paman Birin ini mengatakan, sangat mendukung kegiatan yang diadakan BMPD ini karena dapat mempromosikan pariwisata khususnya wisata susur sungai yang kini makin digalakkan. “Lestari sungaiku, kita bumikan dan kita dahsyatkan,” cetusnya.

Paman Birin berujar, dengan beragam destinasi wisata dan adat istiadat unik  yang kita punya, kita sangat optimis sektor pariwisata akan terus berkembang pesat dan mampu menjadi penopang ekonomi Kalsel. “Hal itu bisa terwujud jika kita semua bersama – sama membangunnya mulai sekarang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalsel Herawanto mengatakan, kegiatan ini selain berpartisipasi memperkenalkan wisata susur sungai, juga sosialisasi sistem pembayaran non tunai kepada masyarakat yang bermukim dipinggiran sungai Martapura.

“Kami juga membuka pelayanan penukaran uang diatas kelotok bagi masyarakat yang beraktivitas diatas sungai dan yang tinggal dipinggiran sungai,” ujarnya.

Baca juga=Banjarmasin siap Deklarasikan “Kota Bebas Pasung”

Ada yang unik dalam kegiatan ini. Peserta naik kelotok mengenakan aneka pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Rute yang ditempuh dari Siring Nol Kilometer menuju Kampung Hijau di Kelurahan Seberang Masjid. Juga diberikan bantuan tong sampah untuk masyarakat yang tinggal di Kampung Hijau. Belasan kelotok disiapkan panitia dan sudah standbay sejak pagi hari. Acara semakin meriah karena Paman Birin juga ikut naik kelotok sambil diiringi lagu bergerak yang terus berkumandang.

Penulis: Anas Aliando
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com