Lulusan SMA Banjarmasin dominasi jalur Undangan di FK ULM

oleh -307 views

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, sejauh ini dinilai mampu mewujudkan mimpi para siswa – siswi berprestasi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Banua, yang bercita – cita ingin menjadi dokter.

————————–

BANJARMASIN, K.Pos – Sebab, selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN), ULM juga membuka jalur Undangan ke seluruh Indonesia, termasuk ke seluruh SMA sederajat  yang tersebar di Provinsi Kalsel.

Baca juga=Ego Diciduk di Banjarmasin‎

Jalur Undangan ini relatif efektif, lantaran dapat menjaring siswa – siswi SMA berprestasi  dari berbagai daerah di Kalsel, untuk masuk perguruan tinggi negeri, tanpa harus seleksi, termasuk masuk Fakultas Kedokteran (FK) ULM Banjarmasin.

Dulu, untuk masuk FK ULM, calon mahasiswa umumnya berasal dari keluarga mampu. Tapi, dengan jalur Undangan, mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu pun, dapat mewujudkan impian menjadi mahasiswa di fakultas paling ‘bergensi’ tersebut.

Hasilnya, tidak kurang dari 24 siswa – siswi di Banua, termasuk mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu, dapat mewujudkan impian mereka menjadi dokter, usai tercatat masuk sebagai mahasiswi program studi Pendidikan Dokter di FK ULM Banjarmasin tahun 2019 ini.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Kalsel Pos, Sabtu (20/7) lalu, penerimaan siswa baru di FK ULM, yang diterima melalui jalur Undangan tersebut, tercatat sebanyak 35 orang, yang umumnya didominasi lulusan SMA di Kalsel. Ada juga dari provinsi tetangga, Kalteng, Kaltim termasuk dari Sulsel, Sumatera Utara, bahkan ada yang dari Papua.

Mereka juga umumnya berasal dari berbagai daerah di Banua Anam, namun siswa – siswi lulusan dari SMA di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) lah, yang paling mendominasi,  termasuk para lulusan dari Kota Banjarmasin, yang tercatat ada empat orang.

Baca juga=Ego Diciduk di Banjarmasin‎

Pastinya, lulusan SMAN 1 Banjarmasin, juga berhasil  menempatkan dua orang siswanya, masuk FK ULM, yakni Rizky Daris Alamsyah dan San Gunma, satu orang dari SMAN 11 Banjarmasin atas nama Fuad Fajar Akhlis dan dari SMAIT Ukhuwah Banjarmasin  atas nama Jasmine Aisyah Puteri.

Penulis: SA Lingga
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com