Komisi I DPRD Konsultasikan Pembangunan Lapas Tanbu ke Kemenkumham

oleh -226 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Untuk memastikan kelanjutan proses pembangunan Lembaga Permasyarakatan Kabupaten Tanah Bumbu, Komisi I DPRD Tanah Bumbu melakukan koordinasi ke Direktorat Jendral Kementerian Hukum dan Ham RI, pada Kamis (04/07).

Baca juga=H. Rooswandi Salem Lantik Pengurus Politeknik Batulicin

Pada pertemuan itu, rombongan Komisi I DPRD Tanah Bumbu yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu H. Hasanuddin diterima langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Kemen Hukum dan Ham, Ibnu Chuldun dan Kepala Sub Bagian Penyusunan Rencana dan Anggaran, Irwan Rahmat Gumilar, AMD. IP, SH, Mci.

Pada kesempatan itu, Hasanuddin mengutarakan maksud untuk mempercepat pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Tanah Bumbu. Hal itu untuk melengkapi sekaligus mempermudah proses peradilan di Tanah Bumbu.

Menurutnya selama ini setiap Narapidana yang divonis oleh pengadilan Tanah Bumbu harus di kirim ke Kabupaten Kotabaru untuk menjalani proses penjara atau penahanannya, dikarenakan Tanah Bumbu belum memiliki Lapas atau Rumah Tahanan.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Ditjen PAS Kemen Hukum dan Ham, Ibnu Chuldun, memberi saran dan masukan terkait pembangunan Lapas tersebut. Ia berharap Kepala Lapas Kabupaten Kotabaru segera membuat surat resmi permohonan bantuan yang ditujukan ke Bupati Tanah Bumbu dan ditembuskan Ditjen Pas Kementerian Hukum dan Ham dan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu sebelum pembahasan anggaran APBD Perubahan.

Baca juga=H. Rooswandi Salem Lantik Pengurus Politeknik Batulicin

Diketahui, pembangunan Lapas di Kabupaten Tanah Bumbu akan dilanjutkan Tahun Anggaran 2019, dan saat ini pembangunan tersebut memasuki proses lelang dan diperkirakan dalam jangka waktu paling lambat pertengahan bulan Juli 2019, sudah ada penunjukan pelaksana pemenangnya. Pembangunan Lapas sebelumnya juga sudah mendapatkan bantuan dana dari APBD Provinsi Kalimantan Selatan selama dua tahun berturut-turut dengan nilai 3 dan 4 Milyar.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com