Kodim 1010 Rantau Bersama Petani Panen Raya Padi Nabilla

oleh -174 views

RANTAU, Kalselpos.com – Kodim 1010/Rantau dan Petani Desa Lokpaikat melakukan panen raya padi hasil olahan Demplot Padi Sawah percontohan di Desa Lokpaikat Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin. Rabu (3/7) kemarin.

Panen raya dilakukan Kasdim 1010/Rantau Mayor Inf Hariono didampingi Pasiter Kodim 1010/Rantau Kapten Inf Yanto Harsono, Sekretaris Distan Tapin Aji Budiono, Kabid PSP, Kepala Desa Lokpaikat, Kepala Desa Bataratat, PPL Kec. Lokpaikat dan Petani Poktan Bingkuang.

Baca juga=Bupati HM Arifin Arpan Halal bihalal Warga Tapin di Perantaun 

Bibit padi jenis nabilla di tanam sekaligus dipekenalkan oleh Kodim 1010 Rantau kepada petani Desa Lokpaikat untuk dibudidayakan dilahan 1 hektar, hasilnya mendapatkan padi sebanyak 8.8 ton.

Kasdim Rantau Mayor Inf Hariono mengatakan, panen raya padi ini adalah jenis padi Nabilla baru kita perkenalkan kepada petani dan dijadikan sebagai percontohan dan terbukti berhasil dengan optimal.

“Alasan dipilihnya bibit tanaman padi jenis Nabilla karena dinilai memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan bibit tanaman padi lain, “terangnya.

Adapun sebagai uji coba pemanfaatan bibit jenis nabilla ini di tanam diatas lahan seluas 1 hektar ini dan hasilnya 8,8 Ton yang dipanen hari ini.

Berharap pada musim tanam berikutnya, nantinya bisa dijadikan acuan bagi petani setempat dalam menanam tanaman padi.

Dalam prosesnya mulai dari persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan sampai panen TNI memberikan dukungan penuh penanaman bibit, pemeliharaan, hingga panen.

Dengan hasil panen yang maksimal diharapkan menjadi titik tolak ketahanan pangan di wilayah Kecamatan llokpaikat Kabupaten Tapin.

demplot percontohan bahwa panen ini menunjukkan langkah ketahanan pangan yang dilaksanakan TNI, mendapatkan hasil yang optimal. TNI sebagai pembina telah berhasil menunjukkan bahwa produksi pangan dapat optimal dengan kerja yang maksimal.

Baca juga=Bupati HM Arifin Arpan Halal bihalal Warga Tapin di Perantaun 

Dukungan dalam program pertanian ini untuk peningkatan ketahanan pangan dan mewujudkan swasembada pangan nasional.

Penulis:Dillah
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com