Kawasan Tanpa Rokok Tapin Diganjar Penghargaan Menteri

oleh -293 views

RANTAU, Kalselpos.com – Bupati Tapin HM Arifin Arpan menerima penghargaan Pastika Parama yang diserahkan langsung oleh Menkes RI Prof Dr Nila Moelok di dampingi Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr.Anung Sugihantono, M.Kes dalam gelaran Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019 bertempat di Gedung Prof Dr Sujudi Kantor Kemenkes di kawasan HR. Rasuna Said Jakarta, Kamis (11/7).

Baca juga=Kodim 1010 Rantau Bersama Petani Panen Raya Padi Nabilla

Penyerahan penghargaan Pastika Parama ini dberikan kepada Propinsi/ Kabupaten/ Kota di seluruh wilayah Indonesia yang telah membuat dan melaksanakan Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dalam lingkup terbatas.

Penghargaan ini diberikan kepada Kepala Daerah yang dianggap peduli dan berhasil menerapkan Kawasan Tanpa Rokok di daerahnya dengan mengeluarkan Peraturan Daerah/ kebijakan kongkrit lainnya tentang larangan merokok di tempat-tempat tertentu.

Dalam sambutanbya Menkes RI menegaskan bahwa dibutuhkan dukungan serta peran aktif pemerintah daerah untuk dapat menerapkan implementasi KTR di wilayahnya masing-masing.

Menkes mengharapkan agar semua lapisan masyarakat bersama-sama berkomitmen untuk melindungi generasi muda Indonesia dari paparan bahaya asap rokok yang mengancam kesehatan mereka.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan alhamdulillah atas keberhasilan Tapin menerima penghargaan Pastika Parama ini, yakni menerapkan kawasan tanpa rokok secara lebih luas implementasi pelaksanaan Perda Kawasan Tanpa Rokok di wilayah Kabipaten Tapin.

“Alhamdulillah dengan pemberian penghargaan untuk kedua kalinya ini, kita akan segera memperluas cakupan Kawasan tanpa rokok di beberapa tempat, ” ucap Bupati Tapin usai menerima.penghargaan.

Contonya pada tempat-tempat perkantoran pemerintah, kawasan pendidikan, tempat ibadah, tempat kerja, dan tempat-tempat yang kita anggap perlu untuk ditetapkan bebas dari asap rokok.

Lebih lanjut beliau mengajak untuk bersama-sama meningkatkan kualitas kesehatan hidup dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih yang dmulai dari keluarga, lingkungan sekitar termasuk lingkungan tempat bekerja, untuk mnciptakan Masyarakat Tapin yang sehat, sejahtera dan agamis.

“Saya dulu pun jg perokok, tapi karena sadar bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan dan lingkungan ya akhirnya saya berhenti. Jadi saya sarankan apalagi untuk generasi muda agar tidak merokok, karena kesehatan kita adalah investasi yg utama buat masa depan kita,” cerita Arifin Arpan.

Baca juga=Kodim 1010 Rantau Bersama Petani Panen Raya Padi Nabilla

Turut serta mendampingi Bupati menerima penghargaan Sekda Tapin H Masyraniansyah, Aspemkesra HM Yunus, Kadinkes H Errani Martin, Kadis BLH H Zain Arifin, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Noor Ifansyah Kadisperkimtan H Mujiarto dan Humas Stda Tapin.

Penulis:Dillah/rel
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com