Jika Kalsel Terpilih jadi Ibu Kota Negara, RSUD Ulin harus Siap

oleh -296 views
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melantik dan mengambil sumpah Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) Provinsi Kalsel.(Anas Aliando)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melantik dan mengambil sumpah Badan Pengawas Rumah Sakit Provinsi (BPRSP) Provinsi Kalsel, bertempat di Gedung Ulin Tower lantai 8, Sabtu (20/7/2019) siang.

Gubernur juga menerima penyerahan sertifikat akreditasi RSUD Ulin dan sekaligus meresmikan pembangunan gedung RSUD Ulin Banjarmasin.

Baca juga=Banjarmasin siap Deklarasikan “Kota Bebas Pasung”

“Keinginan besar untuk menjadi rumah sakit yang paripurna sudah tercapai dan mampu setara dengan rumah sakit besar di pulau Jawa. Kedepan terus ditingkatkan pengembangan baik kualitas maupun kuantitasnya,’ ujar gubernur yang akrab dipanggil Paman Birin tersebut.

Disampaikannya, layanan rumah sakit Ulin harus dioptimalkan lagi. Layanan harus memenuhi standar dan siap memberikan layanan segala penyakit.

“Optimalkan dalam pelayanan kesehatan dan mengedepankan nilai – nilai kemanusiaan untuk profesionalisme rumah sakit,” ujarnya.

Paman Birin mengatakan, Akreditasi paripurna itu impian yang dicapai hari ini. Kita bukan tidak puas, tapi harapan saya bisa meraih akreditasi internasional.

“Kesehatan itu mahal harganya. Harta setinggi gunung kalau sakit tidak ada artinya lagi. Karena itu derajat kesehatan masyarakat adalah hal yang penting untuk membangun Kalsel sesuai visi kita Kalsel Sehat,” cetusnya.

Paman Birin mengingatkan, meningkatkan derajat kesehatan tidak hanya tergantung keluarga besar kesehatan saja, namun tugas kita semua. Kita juga harus mengidukasi masyarakat untuk berprilaku hidup sehat.

“Mari kita terus bersenergi. Dengan  status akreditasi paripurna ini diharapkan memberikan contoh teladan bagi rumah sakit lainnya,” ujar gubernur.

Paman Birin mengaku sedih dan prihatin karena ada dua rumah sakit di Kalsel yang turun akreditasi. “Semoga bisa dikejar lagi untuk meningkatkan akreditasi yang turun dengan bergerak cepat, tepat dan terukur. Dua rumah sakit itu RS Gigi dan Mulut dan  RS Sambang lihum. Segera kejar dalam perbaikan, yang lain bantu,” tegasnya.

Baca juga=Banjarmasin siap Deklarasikan “Kota Bebas Pasung”

Gubernur mengatakan, jika Kalimantan Selatan berhasil terpilih menjadi ibu kota negara, maka kita semua harus siap termasuk RSUD Ulin menjadi rumah sakit berstandar internasional. “Kalau terpilih jadi ibu kota negara, tentunya kita luar biasa sibuk. Anggaran Rp400 triliun harus kita kelola. Kita siap – siap menghadapi tantangan. Keluarga besar kesehatan juga harus siap,” ujar Paman Birin.

Penulis: Anas Aliando
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com