Jalan Teluk Malewai di Tepian DAS Barito”Longsor”

oleh -460 views
MUARA TEWEH, K.Pos – Jalan di Rt I Desa Teluk Malewai, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara (Barut) ambruk   yang diakibatkan tanah longsor tepatnya di tepian pantai sungai Barito dan hingga kini masih belum ada mendapat penanganan atau perbaikkan dari Dinas PUPR Barut, kendati masalah tersebut sudah disampaikan warga.
Wandi, salah seorang warga desa setempat mengatakan, sejak ambruknya jalan desa di Rt I beberepa waktu lalu membuat akses warga menjadi terganggu.
“Kita khawatir dengan ambruknya jalan ini, selain bisa membahayakan para penguna jalan, kerusakan longsornya akan semakin bertambah parah atau meluas apabila tidak segera dilakukanpenanganan,” ujar Wandi, Rabu (3/7/2019).
Lebih lanjut, disampikannya, warga sangat berharap agar kerusakan jalan yang terjadi di desa mereka ini dapat segera di tanggani oleh Dinas PUPR untuk dilakukan perbaikan.
Sementara, Kepala Desa Teluk Malewai Sugito Rianto menyampaikan, bahwa jalan tersebut merupakan proyek kabupaten dan pihaknya juga telah menyampaikan ke Dinas PUPR terkait kerusakan jalan tersebut.
“Kita sudah menyampaikan ke Dinas PUPR terkait kerusakan jalan ini dan pihaknya juga sudah ada turun kelapangan untuk melakukan pengecekan serta pengukuran,” jelas Sugito.
Sehungan dengan hal tersebut Kabid Bina Marga Rody mengatakan, bahwa pihaknya akan segera turun kelapangan untuk melakukan pengecekan jalan. Namun, melihat kondisi tanah yang ada sekarang,  jalan tersebut memang harus di lakukan pemindahan trase jalan dari tepian sungai Das Barito.
“Kalau memang nantinya harus dilakukan pemindahan trase jalan, kita pasti akan melakukan koordinasi dengan Kades Teluk Malewai terkait masalah lahan nantinya,” jelas Rody yang baru saja menjabat sebagai Kabid Bina Marga di Dinas PUPR diruang kerjanya, Jumat (5/7/2019).
Penulis: Asli
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com