HSU Tampilkan Kain Sarigading di HARGANAS

oleh -123 views
AMUNTAI, K.Pos – Pada pelaksanaan Hari Keluarga Nasional XXVI tadi di Kalimantan Selatan, stand kabupaten HSU, tampilkan penenun kain sarigading yang dimana merupakan kain khas dari kabupaten HSU.
Pihaknya Kabupaten melalui TP PKK Kabupaten HSU sengaja menyiapkan tema Kain Sarigading pada pameran dan gelar Dagang selain produk kesenian lainnya yang juga sering diikut sertakan.
Ketua TP.PKK HSU mengatakan, untuk stand dari HSU ini sengaja ingin memberikan kesan tersendiri di mata para pengunjung. Selain memajang hasil produksi kerajinan seperti tas yang terbuat dari Lupu, Enceng Gondok, Purun, serta berbagai macam kuliner serta olahan pangan lokal.
“Hal ini membuat kejutan,biasanya untuk stand kita selalu penuh dengan pengunjung yang ingin mencicipi kuliner dan olahan pangan lokal. Namun kali imi juga tertarik dengan hasil kerajinan. Karena Kain Sarigading belum banyak yang mengatahui apalagi muda-mudi tidak seperti orang tua yang masih mengenal kerajinan tangan ini,” katanya.
Penenun asli kain Sarigading yang ada di Kabupaten HSU semakin sedikit karena pembuat kain ini biasanya turun menurun
” Saat ini hanya ada 7 orang penenun saja. Makanya kami membawa penenun asli beserta 2 orang anaknya untuk ditampilkan, ” ucapnya.
Sementara itu, Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor ketika berada di stand HSU juga sangat bangga dikarenakan masyarakatnya masih  memegang teguh adat istiadat serta melestarikan kebudayaan serta kearifan lokal.
” HSU terus memperhatikan budaya dan kearifan lokal seperti penenun kain sarigading ini. Karena sudah sangat langka sekali dan juga mungkin anak muda zaman sekarang tidak tahu akan khasiat dari kain ini, kalau zaman dulu, kain ini berfungsi sebagai pengobatan seperti sakit kepala tinggal di ikat ke kepala,atau sakit di bagian mana juga bisa menyembuhkan,seperti terapi,saya sangat bangga sekali,” ujar Paman Birin.
Namun bukan hanya kain Sarigading yang diincar pengunjung. Kerajinan dan olahan kue Apam Hambuku, Wadai Duduitan,Tas dari Lupu dan sasirangan, juga menjadi barang incaran tamu yang berhadir di acara Harganas.
Penulis: Adiyat/tim
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com