Embung Tarjun Bantu Warga Atasi Krisis Air

oleh -223 views

KOTABARU, Kalselpos.com – Pemenuhan air bersih bagi masyarakat tentunya menjadi hal utama untuk bisa diatasi, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan swasta saja melainkan juga keterlibatan masyarakat secara langsung menjadi modal kuat untuk bisa mengatasi hal tersebut.

Di Kabupaten Kotabaru umumnya ada daerah-daerah yang masih dinilai kekurangan distribusi air, salah satunya adalah Desa Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir khususnya warga yang berada di kawasan pesisir pinggir laut, biasanya dalam setiap tahun di musim kemarau persoalan kesulitan air menjadi kendala.

Baca juga=TP-PKK Dan Dinas Kesehatan Kotabaru laksanakan Pemeriksaan Iva Tes Dan Sadanis Bagi Wanita

Untuk mengatasi hal tersebut, kali ini melalui program Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang di serahkan ke daerah dengan Pamsimas (Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat), telah dibangun embung di Desa Tarjun. Hal itu juga tak lepas dari peran salah satu perusahaan produsen semen Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun yang telah mengerjakannya pada akhir 2018 kemarin.

Dikatakan oleh salah satu pendamping Pamsimas Kabupaten Kotabaru untuk wilayah Desa Tarjun, Abdullah menerangkan, dengan adanya program tersebut tentunya akan sangat membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air bersih di daerah setempat.

“Beberapa waktu lalu kami dari Pamsimas bersama Indocement, perangkat pemerintahan desa dan masyarakat telah meninjau lokasi tersebut, dan hasilnya sangat bagus dalam artian airnya dapat di pergunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar Abdullah kepada Kalsel Pos, Kamis (27/06) kemaren.

Di katakannya pula, setelah melihat kondisi embung dan air secara fisik sudah memenuhi standart baik dari rasa, warna dan bau pada air tersebut. Kemudian selanjutnya akan dilakukan uji laboratorium terkait dengan kandungan yang ada di dalam airnya.

“Jelas kami dan masyarakat maupun pemerintah sangat terbantukan oleh Indocement yang sudah membangunkan fisiknya sehingga lebih memudahkan masyarakat dalam memanfaatkannya,” jelasnya.

Sekretaris Pemerintahan Desa Tarjun, Suryadi sangat menyambut baik adanya embung di wilayahnya karena akan membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air dan atas bantuan dari pihak Indocement yang telah membangunkan dan memberikan ijin lokasi embung yang masih berada di wilayah perusahaan.

“Kami sangat terbantukan dengan adanya hal itu, karena sebelumnya khususnya warga pesisir pada saat musim kemarau sangat kesulitan mendapatkan air. Memang ini hanya pembangunan tahap awal akan tetapi sangat membantu, dan yang menjadi tugas selanjutnya adalah terkait dengan sistem pengelolaannya apakah nanti bekerjasama dengan masyarakat atau bagaimana, dan itu hanya teknis kedepannya yang jelas kami sangat berterimakasih sekali kepada Indocement,” katanya.

Dilain kesempatan, perwakilan Management Indocement H Nor Imansyah menjelaskan bahwa, dengan pembangunan embung di Desa Tarjun tersebut pihaknya berharap dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik karena untuk kebersamaan dalam pemenuhan air bersih.

Baca juga=TP-PKK Dan Dinas Kesehatan Kotabaru laksanakan Pemeriksaan Iva Tes Dan Sadanis Bagi Wanita

“Kita juga patut berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang melaksanakan program itu dan kami dari perusahaan tentu menyambut baik serta ikut berpartisipasi untuk bisa membangunkan embung dan menyediakan material semennya. Sekali lagi, mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk seluruh masyarakat,” tuturnya.

Penulis:Muliana/Ardiansyah/Uzi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com