Desa Sungai Dua Produksi Pakan Ikan Ekonomis

BATULICIN, Kalselpos.com – Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat mempunyai sumber daya alam yang beragam dan sudah memiliki bendungan air beserta saluran irigasinya.

Hal ini tentu sangat mendukung untuk kegiatan pertanian, perkebunan dan perikanan. Khusus sektor perikanan selain ketersediaan air yang cukup, ketersediaan pakan yang murah dan baik juga menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi dalam budidaya perikanan.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

Melalui program inovasi desa, Pemerintah Desa Sungai Dua melibatkan warganya telah memproduksi pakan ikan ekonomis dengan memanfaatkan bahan yang tersedia di lingkungan sekitar.

Kepala Desa Sungai Dua, H. Ibnu Salam mengatakan, pakan ikan ekonomis ini merupakan salah satu inovasi desa di bidang ekonomi yang dapat membantu masyarakatnya yang kesulitan dalam memperoleh pakan ternak yang murah serta berkualitas.

Dengan memproduksi pakan ikan sendiri, pendapatan masyarakat Desa Sungai Dua dalam hal budidaya perikanan bisa lebih meningkat dengan berkurangnya biaya pakan.

Untuk kedepannya, Kepala Desa Sungai Dua berharap inovasi ini dapat lebih ditingkatkan, khususnya dalam hal pengemasan agar dapat lebih bersaing dengan pakan ikan komersial yang lebih mahal.

Sementara itu, Firman salah satu tim pelaksana inovasi desa menjelaskan, pakan ikan ekonomis ini terbuat dari tepung ikan, dedak, bungkil sawit, ampas tahu dan sagu. Dengan takaran yang telah disesuaikan, semua bahan tersebut dicampur kemudian diproses menggunakan mesin untuk dijadikan pakan ikan yang lebih ekonomis. Dalam satu bulan Desa Sungai Dua dapat menghasilkan sekitar 500 kilogram pakan yang dijual dengan harga 5 ribu rupiah per kilogramnya.

Baca juga=Berhasil atasi Banjir dan Kekeringan, Desa Batulicin Irigasi masuk Verifikasi Kampung Iklim

Masyarakat sangat merasakan manfaatnya dalam hal mengurangi biaya dalam budidaya ikan, pakan ini pun telah terbukti bisa menggantikan pakan ternak komersil yang harganya lebih mahal dari pakan ikan ekonomis ini.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait