Desa Kambitin Raya masuk Verifikasi Kampung Iklim

oleh -415 views
Tim Verifikasi saat melakukan penilaian (Ahmad Fauzie)

TANJUNG, Kalselpos.com – Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan, terpilih masuk nominasi tim verifikasi Program Kampung Iklim yang di lakukan Tim dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan Pusat yang didampingi pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan dan DLH Kabupaten Tabalong, Senin (8/7/2019)

Desa Kambitin Raya yang dikenal sentra pusat pembibitan ikan air tawar ini, mampu menciptakan varietas-varietas ikan unggul seperti ikan Patin Nila dan Emas yang pemasaran bibitnya mencakup wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah.

Melalui penerapan Program Kampung Iklim,selain manfaat kondisi lingkungan, manfaat peningkatan sektor ekonomi juga sangat dirasakan oleh warga masyarakat setempat.

Baca Juga = Warga Tanjung Maya Dihebohkan Temuan Bayi di Depan Rumah

Program Kampung Iklim yang diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan PT Pamapersada Nusantara ini, mulai diterapkan sejak tahun 2015 dan mendapatkan dukungan serta antusiasme dari warga masyarakat setempat.

Komitmen masyarakat Desa Kambitin Raya ini, dapat dilihat dari semangat mereka untuk selalu menjaga kesehatan, keindahan dan kebersihan lingkungan tempat tinggal mereka.

Melalui ketua ketua RT yang juga diangkat sebagai Duta proklim dan memiliki tugas sebagai Agen lingkungan, mereka selalu aktif mengkampanyekan program-program proklim kepada warganya, baik secara langsung maupun melalui media-media pendukung lainnya.

Siapa sangka,Desa yang awalnya merupakan lahan belukar dengan tanah yang berbatu-batu ini, sekarang telah disulap menjadi desa yang hijau dan asri serta sudah melakukan penerapan kegiatan kegiatan berbasis adaptasi dan mitigasi terhadap lingkungannya.

Dalam hal ketahanan pangan sebagian kontur desa yang masuk ke dalam kategori dataran rendah,dengan hamparan permukaan yang relatif datar, memang sangat cocok untuk budidaya sektor perikanan. Kelompok kelompok tani budidaya ikan air tawar berkembang dengan cepat dengan hasil panen ikan yang menjanjikan.

Baca Juga = Warga Tanjung Maya Dihebohkan Temuan Bayi di Depan Rumah

Asisten 1 Bidang Pembangunan Ekonomi, Hj. Hamida Munawarah,sangat mengapresiasi keberhasilan Desa Kambitin Raya dalam melakukan upaya adaptasi dan mitigasi terhadap lingkungannya. “Selaku pihak pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong tenunannya kami sangat mendukung adanya program Kampung Iklim di Desa Kambitin Raya ini,dan kami berharap dengan adanya verifikasi ini Desa Kambitin Raya dapat meraih nilai yang terbaik,” ungkap Hamida.

Selain sektor perikanan sebagian masyarakat juga menggeluti usaha penggemukan sapi,ayam pedaging dan peternakan kambing. Keuntungan yang mereka dapatkan bukan hanya berasal dari penjualan hewan pasca pemeliharaan saja, tetapi mereka juga mendapatkan manfaat pupuk kandang untuk keperluan perkebunan dan pertanian di lahan mereka. Bahkan sebagian dari mereka telah memanfaatkan kotoran sapi untuk dijadikan biogas.

Angka kepadatan penduduk yang rendah menjadikan area kosong di desa ini cukup luas. Dengan keuletan dan kreativitas warga serta didorong oleh tim penggerak PKK lahan-lahan kosong tersebut diolah menjadi lahan produktif dan ditanami dengan tanaman sayuran bahan tanaman pokok dan tanaman yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Baca Juga = Warga Tanjung Maya Dihebohkan Temuan Bayi di Depan Rumah

Pemanfaatan pekarangan sebagai lahan apotek hidup dan tanaman herbal juga semakin menambah manfaat positif bagi warga desa kambitin Raya.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor. : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA. Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com