Derby Papadaan, Barito Putera kembali kalah lawan Borneo FC

oleh -221 views

SAMARINDA – Pertandingan Borneo FC vs Barito Putera yang tersaji di Stadion Segiri, Samarinda, Kamis (18/7) pada pukul 15.30 WIB dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan 9. Berakhir buruk bagi kesebelasan Barito Putera.

Barito Putera yang baru saja meraih kemenangan perdana pada 14 Juli (Minggu malam) kemarin, saat menjamu Bali United, di Stadion Demang Lehman Martapura. Kembali harus tunduk saat berhadapan dengan tim Pesut Etam Borneo FC dengan skor akhir 4-3.

Baca juga=Taklukan Bali 1-0 Barito Putera akhiri Masa Paceklik

Kekalahan ini seolah mimpi buruk yang terulang bagi Barito Putera, karena pada putaran pertama Liga 1 2018 lalu, Pesut Etam juga berhasil mengalahkan Laskar Antasari, di Stadion Segiri dengan skor 2-1.

Dalam lima pertandingan terakhir di lintas kompetisi musim ini, skuad asuhan Mario Gomez tercatat memang sedikit lebih baik dengan dua kemenangan, sekali seri, dua kali kalah.
Sebaliknya, Barito Putera yang saat ini dinakhodai Yunan Helmi hanya memperoleh sekali kemenangan, tiga kali seri, dan sekali kalah.
Dalam laga bertajuk Derby Papadaan itu, Tim ” Pesut Etam” memang harus berjuang ekstra keras untuk bisa meredam kekuatan “Laskar Antasari”. Bahkan hampir saja terjadi hasil seri ketika kedua tim saling berbalas masing-masing tiga gol.

Sejak awal pertandingan, tuan rumah Borneo FC langsung tancap gas dan berhasil unggul dua gol pada babak pertama melalui Asri Akbar pada menit ke-30 dan Terens Puhiri menit ke-42’.

Di babak kedua, Borneo FC kembali menambah gol melalui Renan da Silva menit ke-58, dan Mathias Conti pada menit ke-76 sekaligus sebagai gol penentu kemenangan bagi tim tuan rumah, dengan empat gol.

Sedangkan tiga gol bagi tim Barito Putera dicetak pada babak kedua, melalui Rizky Pora pada menit ke-48, Gavin Kwan menit ke-55 dan Renan Silva pada menit ke-65.

Peluang memperkecil skor bagi Barito Putera sebenarnya sempat terbuka, ketika pemain belakang Borneo FC Wildansyah, handball di kotak terlarang, sayang Samsul Arif sebagai algojo gagal memanfaatkan eksekusi penalti.

Memasuki babak kedua, tim Barito Putra mulai bangkit dan perlahan bisa mengimbangi permainan cepat Borneo FC.

Pada menit ke8, Barito Putera berhasil memperkecil ketertinggalan lewat gol yang ditorehkan oleh Rizky Pora.

Hanya butuh waktu enam menit, tim Barito Putra kembali menggetarkan gawang Borneo FC yang dikawal Nadeo Agrawinata, dan menjadikan kedudukan imbang 2-2.

Sayangnya, setelah imbang 2-2, barisan pertahanan Barito kembali lengah dan mampu dimanfaatkan dengan baik oleh gelandang Borneo FC, Renan da Silva dengan golnya pada menit ke-58.

Ketinggalan satu gol tak membuat skuat Barito Putra menyerah dan berusaha membayar defisit gol tujuh menit kemudian melalui aksi penyerang Renan Silva dan menjadikan kembali skor imbang 3-3.

Pada menit ke-76, Borneo FC lagi-lagi unggul setelah Artur Vieirea melakukan pelanggaran terhadap Matias Conti.

Penggawa asal Argentina itu pun sukses mengkonversi penalti tersebut menjadi gol dan membuat Borneo unggul 4-3.

Baca juga=Taklukan Bali 1-0 Barito Putera akhiri Masa Paceklik

Tambahan tiga poin mendongkrak posisi tim asal Kota Samarinda itu menuju peringkat ke-7 klasemen sementara Liga 1 dengan nilai 13. Sedangkan kekalahan dari Borneo FC, membuat Barito Putra belum beranjak dari papan bawah dan menduduki peringkat ke-15 dengan mengemas 7 poin.

Penulis : Aspihan Zain/ant
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com