Buruh PT LAK  bersama SBSI Unjukrasa di DPRD Kapuas

oleh -205 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Ratusan buruh dari PT Lifere Argo Kapuas (LAK) ngeluruk ke DPRD Kapuas, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, dengan digandeng Sarikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI), Selasa (2/7).

Pembicara SBSI Kalimantan Tengah, Jasa Tarigan menyampaikan tuntutan para buruh yang disampaikan dihadapan kepala bagian umum H Rifai dan bagian persidangan, karena para legislator tak bisa menemui  terbentur ada jadwal dinas luar kota.

Baca juga=PN Kuala Kapuas Sosialisasi Zona Integritas dan berbagi Takjil

“Kita menuntut harga lama pembayaran upah diberlakukan kembali, dan tolong upah yang diberi supaya manusiawi lah, serta diperhatikan masalah kesehatan termasuk efek dari sebab akibat bekerja hingga mengalami musibah bagi buruh,” ucap Jasa Tarigan.

Hal yang berbeda diminta oleh perwakilan SPSI Kalimantan Dan Sulawesi Hendrik Hutagalung, yang banyak menyoroti keberadaan PT LAK sebagai perusahaan PMA dan lebih menuntut kesamaan hak untuk buruh, suku atau bangsa apapun, dan meminta supaya diagendakan pertemuan dengan pihak perusahaan dengan mereka melalui dewan sebagai fasilitatornya.

Sementara melalui sambungannya seluler, Ketua Komisi IV DPRD Kapuas, Lawin menyampaikan, permintaan maaf karena tidak bisa menemui ada jadwal mereka keluar kota, dan mengatakan tetap meng agendakan dalam Banmus, tuntutan dan keinginan para buruh.

Baca juga=PN Kuala Kapuas Sosialisasi Zona Integritas dan berbagi Takjil

“Kita siap memfasilitasi kawan kawan para buruh untuk bermediasi nanti,” ucap Lawin.

Belum puas ke gedung DPRD Kapuas, akhirnya pihak buruh PT LAK, dan SBSI yang menggandeng mereka, menuju Kantor Bupati Kapuas untuk melanjutkan unjuk rasa dengan maksud menemui bupati atau yang mewakili.

Penulis. :  Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com