BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin Tandatangani MoU Mekanisme PATEN dengan Seluruh Kecamatan di Tanbu

oleh -384 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Batulicin melakukan penandatanganan kerjasama dengan seluruh kecamatan se Kabupaten Tanah Bumbu terkait optimalisasi penyelenggaraan program BPJS Ketenagakerjaan melalui mekanisme PATEN, Rabu (3/7) di Hotel Ebony Batulicin.

Menurut Aris Priyo Wibowo, selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin, dengan kerjasama PATEN diharapkan kecamatan sebagai organisasi perangkat daerah bersama kepala desa berfungsi sebagai agen dalam mempromosikan program BPJS Ketenagakerjaan pada masyarakat pelaku usaha pekerja formal maupun masyarakat pekerja informal di wilayahnya.

Baca juga=BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin Gelar Rakor Mekanisme Paten

Dengan kerjasama tersebut seluruh camat berkomitmen akan mewajibkan setiap pelaku usaha penerima upah (PU) dan masyarakat bukan penerima upah (BPU) terdaftar program BPJS Ketenagakerjaan dalam proses pengurusan perijinan.

Untuk optimalisasi pelaksanaan PATEN ini para camat meminta agar mekanisme pendaftaran program BPJS Ketenagakerjaan dapat segera disosialisasikan pada petugas perijinan di kecamatan. Selanjutnya kecamatan akan berkoordinasi berkaitan dengan data pelaku usaha, baik usaha besar maupun usaha kecil dan mikro untuk dilakukan sosialisasi dan akan diwajibkan terdaftar BPJS Ketenagakerjaan bagi yang belum terdaftar oleh kecamatan.

Para camat juga berharap dengan kerjasama ini serta guna meningkatkan pelayanan pada masyarakat peserta BPJS Ketenagakerjaan agar segera dilakukan kerjasama dengan klinik atau puskesmas di tiap kecamatan sehingga proses penanganan kecelakaan kerja dapat segera ditangani sebelum dirujuk ke RSUD Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca juga=BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin Gelar Rakor Mekanisme Paten

Aris juga menyampaikan, guna meningkatkan pelayanan peserta yang mengalami kecelakaan kerja, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin akan segera melakukan kerjasama dengan RS Marina Permata Batulicin sebagai Rumah Sakit PLKK, selain melakukan kerjasama dengan klinik atau puskesmas sesuai usulan para camat.

Selanjutnya dengan komitmen BPJS Ketenagakerjaan bersama para Camat program BPJS Ketenagakerjaan dapat optimal pelaksanaannya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com