Bocah 4 tahun ini Ternyata tak punya Anus

oleh -97 views
TAK PUNYA ANUS - Muhammad Rizki (4 tahun) saat berada dipangkuan sang ibu, Niah (35). Anak ke empat warga Jalan Kuin Kecil, RT 14 RW 01, Kelurahan Mantuil Banjarmasin tersebut, sejak dilahirkan tidak mempunyai anus untuk buang air besar.

BANJARMASIN, kalselpos.com-M.Rizki, bocah 4 tahun, anak ke empat dari pasangan suami isteri Yannor (38) dengan Niah (35), warga Jalan Kuin Kecil, RT 14 RW 01, Kelurahan Mantuil Banjarmasin, ini ternyata tidak mempunyai anus sejak dilahirkan.

Mendapat informasi itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banjarmasin, Machli Riyadi, langsung mendatangi rumah sang ibu, untuk mencek kondisi Muhammad Rizki, yang tidak mempunyai lubang anus tersebut.

Baca juga=Golden Banjarmasin Juarai Basket “Three On Three” HUT Bhayangkara ke 73

Ayah dari Muhammad Rizki, hanya seorang petani yang sehari-hari mengais rezeki dari mengambil upah. Sedang sang ibu dari 4 anak tersebut, hanya seorang ibu rumah tangga, tanpa ada penghasilan.
Sejak dilahirkan, Muhammad Rizki tidak bisa membuang air besar. “Dan, saat usianya baru 2 hari, badan Muhammad Rizki sempat membiru,” ucap sang ibu.
Kadinkes Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, bahwa keluarga Muhammad Rizki memang adalah kalangan kurang mampu atau prasejahtera. “Sudah dicek ke lapangan. Alhamdulillah kondisi pasiennya sehat, hanya bisa di pangkuan sang ibunya,” ujarnya, Rabu (10/7) kemarin, kepada wartawan.

Machli mengakui sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial sesuai arahan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, bahwa yang bersangkutan dijamin pembiayaannya jika diperlukan pelayanan kesehatan, baik operasi ulang maupun rawat jalan. “Namun, Saya pastikan kondisi sekarang Muhammad Rizki dalam keadaan sehat-sehat saja,” ucapnya.

Menurutnya, saat ini sang anak belum bisa dilakukan tindakan operasi, sebab sebelumnya sudah pernah dilakukan operasi. “Operasi ulang itu bisa dilakukan dalam usia 5 tahun. Sementara saat ini, Muhammad Rizki baru berusia 4 tahun,” jelasnya.

Menurutnya, penanganan dari Dinkes saat ini adalah untuk mengunjungi sekaligus memberi makan tambahan. “Jadi, saat ini belum dilakukan tindakan khusus, karena dalam keadaan sehat,” ucapnya.

Baca juga=Golden Banjarmasin Juarai Basket “Three On Three” HUT Bhayangkara ke 73

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto memastikan, saat ini anak dan ibunya belum tercatat di Kartu Keluarga (KK) suaminya. Sehingga, harus dicantumkan, lantaran dalam persyaratan untuk mendapatkan Jamkesda mesti satu kartu keluarga.

Penulis:fudail
Editor:SA Lingga
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com