Bank Sampah Hilir Muara Bercahaya Jadi Studi Banding Kecamatan Pulau Laut Tengah

oleh -471 views

KOTABARU, Kalselpos.com – Camat Pulau Laut Tengah bersama dengan rombongan melaksanakan kunjungan ke Desa Hilir Muara Kecamatan Pulau Laut Utara dalam rangka studi banding terkait dengan Bank Sampah Lilir Muara Bercahaya yang ada di desa ini yang dipasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru, Senin (01/07) tadi.

Kedatangan Camat Pulau Laut Tengah ini bersama dengan rombongan disambut langsung oleh Kepala Desa Hilir Muara H.Nurdin beserta dengan staf Desa dan ketua dan pengurus Bank Sampah Hilir Muara Bercahaya.

Baca juga=Bupati Kotabaru Ucapkan HUT Bhayangkara Ke-73

Usai meninjau Bank Sampah Hilir Muara Bercahaya Camat Pulau Laut Tengah Melinda Ratna Agustina mengatakan kepada wartawan Kalselpos bahwa, berdasarkan tindak lanjut dari rapat koordinasi di Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru yang mana mereka melakukan seminar kepada kecamatan-kecamatan yang diundang dalam hal pengelolaan sampah.

“Maka dari itu kami menyambut baik serta menindak lanjuti apa-apa yang sudah didapat dari seminar tersebut dan segera melakukan kunjungan ke Desa Hilir Muara yang dianggap telah berjalan dengan baik dalam hal pengelolaan sampah dan kreasi-kreasinya sehingga sampah tersebut mempunyai nilai ekonomis bagi warga setempat,” ucap Melinda.

Ia juga menjelaskan tujuan datang ke desa ini tidak lain hanya ingin melakukan studi banding serta mengembangkan wawasan terhadap pengelolaan sampah yang baik.

“Untuk apa jauh-jauh pergi keluar Pulau Kalimantan untuk studi banding kalau diKabupaten Kotabaru juga ada yang dapat mengelola sampah dan menjadikan sampah ini menjadikan kreasi-kreasi yang mempunyai nilai ekonomis yang dapat dikembangkan menjadi kerajinan rumahan bagi warga setempat,” jelas Melinda.

“Dengan melakukan studi banding ini kedepan diharapkan desa-desa yang ada di Kecamatan Pulau Laut Tengah khususnya Desa Mekar Pura yang padat jumlah penduduknya mempunyai Bank Sampah walaupun hanya standar, jadi masyarakat didesa itu tidak lagi membuang sampah sembarangan serta sampah tersebut membawa berkah bagi warga disana karena mempunyai nilai ekonomi bagi warga,” harapnya.

Senada dengan itu Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru Emi Siswati saat di mintai tanggapannya juga menyampaikan, alhamdullilah atas masukan dan arahan yang kami berikan kepada desa dan kecamatan mendapat respon positif dari desa-desa maupun kecamatan yang ada di Kotabaru tentang sistem pengelolaan sampah yang yang baik.

“Tentunya saya juga berharap apa yang dilakukan oleh Camat Pulau Laut Tengah ini juga akan diikuti oleh kecamatan lain di Kabupaten Kotabaru ini agar permasalah sampah di desa maupun di Kecamatan bisa dan dapat kita atasi secara bersama-sama,” jelasnya.

Baca juga=Bupati Kotabaru Ucapkan HUT Bhayangkara Ke-73

Sedangkan Kepala Desa Hilir Muara H.Nurdin juga mengatakan, terimakasih atas kedatangan rombongan kecamatan Pulau Laut Tengah bersama Kabid Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru dalam rangka studi banding tentang tata kelola sampah dan serta pemamfaatannya, tadasnya.

Penulis:Muliana/Ardiansyah/Uzi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com