Aliansi Dayak Kalimantan Bersatu Juarai Pawai Budaya

oleh -995 views

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Seru dan meriah, itulah kata yang menggambarkan masyarkat saat menyaksikan langsung penampilan budaya Dayak yang ditampilkan oleh Aliansi Dayak Kalimantan Bersatu (Adkab), dengan beranggotakan 19 orang yang menggunakan atribut suku dayak mereka mulai menampilkan tarian perang dan kesenian tari Dayak.

Dengan penampilan tersebut berhasil Membawa Adkab meraih juara satu pada lomba pawai budaya yang digelar oleh dalam rangka Hari Keluarga Nasional XXVI 2019.

Baca juga=Golden Banjarmasin Juarai Basket “Three On Three” HUT Bhayangkara ke 73

Ketua Umum Aliansi Dayak Kalimantan Bersatu Dehen M. Hedek, SH, S.th mengatakan, mengikuti kegiatan ini dalam rangka untuk ikut serta dalam Festival tersebut dan juga untuk melestarikan budaya Dayak.

“Melalui festival ini, masyarakat dapat mengenal budaya Dayak pedalaman yang ada di Kalimantan,” Tutur Dehen M. Hedek, Senin (8/6).

Ia juga mengungkapkan jika Dinas Pariwisata Kalsel serius memerhatikan kebudayaan, seharusnya budayawan dan masyarakat adat harus dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

“Jika benar memperhatikan budaya harusnya mengundang para budayawan dan masyarakat adat dalam festival ini,” Ungkapnya.

Sesekali dalam menampilkan tarian perang dapat terlihat atraksi menyayatkan mandau tajam yang diketahui sakin tajamnya dapat memotong sebuah kertas dengan mudah ke bagian tubuh.

“Itu bermakna bahwa orang Dayak tidak main main, anda sopan kami segan, anda kasar kami hajar,” Terangnya.

Terpisah dengan hal tersebut, salah seorang pengunjung bernama Ferry mengaku sebagai orang kalimantan ia sangat kagum dan bangga melihat penampilan yang ditampilkan oleh Adkab.

“Saya sangat merasa kagum dan bangga dapat melihat penampilan kebudayaan suku Dayak Kalimantan secara langsung,” Ujarnya dengan antusias.

Baca juga=Golden Banjarmasin Juarai Basket “Three On Three” HUT Bhayangkara ke 73

“Sungguh menjadi sesuatu yang ironi kalau sampai adat istiadat dan budaya Dayak tidak dikenal oleh anak muda kalimantan, meskipun kita berada di tengah jaman modernisasi, adat istiadat dan budaya warisan para leluhur haruslah tetap kita lestarikan,” Pungkas Ferry kepada awak media.

Penulis: Krisna
Editor: Wandi
Penanggung Jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com