24 Desa di Kalsel masuk Program Desa Tangguh Bencana

oleh -390 views

BANJARBARU, kalselpos.com – Adanya ancaman kebencanaan yang setiap saat terjadi, diperlukan kesiapsiagaan semua daerah. Pemerintah Provinsi melalui BPBD Kalsel telah menyiapkan program Desa Tangguh Bencana (Destana) pada tahun 2019 ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kalsel Wahyuddin usai rapat persiapan Destana bersama BPBD Kabupaten Balangan dan Barito Kuala di kantor BPBD Kalsel di Banjarbaru, Rabu (3/7/201) pagi mengatakan, desa tangguh bencana ini dilaksanakan di desa Matang Hanau Kecamatan Lampihong Kabupaten  Balangan dan desa Batik kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala.

Baca juga=Pengawasan Proyek Lemah Satker BKPP Banjarbaru dipertanyakan

Dua desa tersebut telah  memenuhi kareteria desa bencana, yakni terpencil, akses jalan yang sulit, jarak yang jauh dan rawan bencana.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Sahruddin menambahkan, desa tangguh bencana sudah dilaksanakan sejak tahun 2014, hingga tahun  2018  sudah memiliki desa tangguh bencana sebanyak 24 Desa terdiri dari 22 desa dari pemerintah pusat atau BNPB dan 2 desa dari APBD Pemprov Kalsel “Tahun ini kita tambah  dua desa lagi dari APBD Provinsi Kalsel sehingga jumlah  seluruhnya ada 26 desa, dengan demikian diharapkan dapat mendorong terwujudnya masyarakat yang siap siaga menghadapi bencana” ujarnya

Baca juga=Pengawasan Proyek Lemah Satker BKPP Banjarbaru dipertanyakan

Sementara itu, Kasubid Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Muhari menyampaikan, kegiatan Destana, akan dilaksanakan mulai bulan Juli hingga 5 bulan kedepan. “Masyarakat yang akan dilatih sebanyak 40 orang oleh fasilitator provinsi dan desa dengan penguatan materi manajem resiko bencana dan tatacara evakuasi.  Desa juga akan diberikan peralatan pemadam kebakaran,” ujarnya.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com