2 Tahun Jalan Masuk Ke Desa Hajak Rusak

oleh -234 views

MUARA TEWEH, KPos– Jalan masuk yang menuju pusat Pemerintahan Desa (Pemdes) Hajak, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara (Barut) selama dua tahun dibiarkan rusak. Kerusakan jalan masuk yang diberi nama AMD Manunggal ini diperkirakan sepanjang dua kilometer.

Salah satu warga Desa Hajak Yohanes Suban mengatakan, kerusakan parah ada di beberapa titik, mulai dari RT 06 sampai dengan RT 08. “Ada enam titik kerusakan jalan terjadi selama dua tahun terakhir. Para pengendara motor harus berhati-hati, karena banyak kubangan. Pernah ada dilakukan perbaikan jalan, tetapi tidak bertahan lama, karena hanya pekerjaan tambal sulam,” ujar Yohanes Suban, pekan lalu.

Baca juga=Pemkab Barut diminta Tingkatkan Pembangunan

Menurut Yohanes, jalan menjadi rusak berlubang, disebabkan truk pengangkut karet dan material sering melintas. Tidak ada alternatif jalan bagi angkutan truk menuju Hajak Dalam, selain melewati Jalan AMD Manunggal. “Cukup banyak pengendara motor yang jatuh dan terluka, akibat jalan berlubang,” katanya.

Kepala Desa (Kades) Hajak Sariono mengatakan setiap musrenbang tingkat kecamatan, pihaknya selalu mengusulkan perbaikan Jalan AMD Manunggal. Pemdes Hajak tak bisa memperbaiki kerusakan jalan, karena itu berada di bawah penanganan Dinas PUPR Kabupaten Barito Utara.

“Itu bukan wewenang desa, tak bisa pakai Dana Desa. Sebagai opsi lain, kami mengusulkan pembukaan jalan baru yang langsung tembus ke dekat kantor kecamatan. Nanti akan dibangun jembatan baru di atas Sungai Teweh sebagai penghubung ke jalan baru itu,” kata Sariono.

Baca juga=Pemkab Barut diminta Tingkatkan Pembangunan

Pantauan lapangan, di ruas jalan sepanjang dua kilometer itu, sebagian rusak dan berlubang. Para pengendara harus berhati-hati melintas, karena lubang cukup dalam, sekitar 20-30 cm dengan diameter sekitar 1 meter. Memang ada bagian jalan yang sudah dirigid dan diaspal, tetapi hanya pada bagian tertentu, belum tersambung seluruhnya.

Penulis:Asli
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com