Zonasi PPDB Jangan Kaku

oleh -282 views

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel, HM Lutfi Saifuddin meminta, kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud) Provinsi Kalsel agar menerapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi di setiap tahun ajaran baru tidak kaku.

“Tentu saja ada semua itu jangan sampai merugikan anak sekolah. Ya kami berharap aturan itu bersifat fleksibel saja dengan melihat kondisi daerah,” ujar Lutfi Saifuddin, kepada wartawan, Selasa (25/6) kemarin.

Baca juga=Peringati Hari jadi Banjarmasin, lomba Bakudak dan Video Pendek kembali Digelar

Menurutnya, perlu diketahui bahwa penyebaran untuk pemerataan baik SMA dan SMK saat ini belum optimal, artinya perlu mempertimbangkan kondisi di lapangan. Agar jangan sampai aturan menghambat keinginan anak meneruskan pendidikan karena adanya sistem zonasi ini.

“Ya jangan sampai zonasi ini menimbulkan kegaduhan dan permasalahan di lapangan,” tutur politisi Gerindra ini.

Pihaknya mengaku, memahami adanya sistem zonasi ini agar terjadi pemerataan pendidikan, di sisi lain bagi calon peserta didik ini jika berdomisili secara geografi berbatasan dengan sekolah di luar zonasi mungkin ada pengecualian jika hal itu ditinjau lebih dekat dan sebaliknya.

“Kami banyak sekali mendengar keluhan orangtua murid, yang anaknya harus bersekolah jauh karena adanya aturan zonasi ini,” terangnya.

Oleh karena pesannya, harus dilihat juga fakta di lapangan seperti apa.”Kasihan anak-anak karena ada zonasi ini harus bersekolah jauh, tentu ada resiko seperti keselamatan di jalan kemudian konsentrasi anak bisa terganggu karena harus menempuh perjalanan yang jauh,” cecarnya.

Baca juga=Peringati Hari jadi Banjarmasin, lomba Bakudak dan Video Pendek kembali Digelar

Selain itu tambahnya, khusus untuk siswa berprestasi hal ini melihat pula bila ada sekolah tertentu yang bisa menyalurkan meningkatkan prestasinya tentu perlu di dorong untuk meningkatkan prestasi tersebut.
“Yang jelas harus ada penilaian tersendiri lah, jika di sekolah tersebut bisa meningkatkan kemampuannya,” tandasnya.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com