Warga Cerbon Desak Disdikbud Kalsel bangunkan SMK

oleh -129 views
Syamsuri, Kabid SMK Disdikbud Provinsi Kalsel.(Anas Aliando)

BANJARBARU, kalselpos.com – Tahun 2019 ini, Disdikbud Provinsi Kalsel membangun tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baru, masing masing di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong, Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar dan Semangat Dalam Handil Bhakti Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Diharapkan dengan selesainya tiga SMK tersebut, anak – anak yang mau melanjutkan pendidikan ke sekolah kejuruan, lebih mudah terutama yang selama ini di daerahnya belum tersedia SMK.

Baca juga=Guru TK Se Kalsel Meriahkan HUT IGTKI

“Pembanguanan SMK baru tentu saja sesuai harapan dan cita – cita bapak gubernur Sahbirin Noor yang terus bergerak memajukan dunia pendidikan di banua sehingga Sumber Daya Manusia di Kalsel makin maju dan berkualitas,” ujar Kepala Bidang SMK Disdikbud Provinsi Kalsel, Syamsuri kepada kalselpos.com, Senin (17/6/2019) siang.

Disampaikannya, ada hal yang menarik disampaikan para tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Cerbon Kabupaten Batola, mereka juga ingin dibangunkan SMK karena di Cerbon penduduknya cukup banyak dan didukung sarana penunjangnya berupa SMP dan yang sekolah yang sederajat.

“Tentu ini permintaan yang sangat positif, artinya masyarakat disana sudah sangat sadar pentingnya pendidikan bagi putra putrinya. Namun permintaan itu tidak bisa segera di realisasikan karena keterbatasan anggaran dan melihat skala prioritas,” jelasnya.

Syamsuri berkata, Batola merupakan kabupaten yang wilayahnya sangat luas. Disamping itu, pada tahun 2019 Disdikbud Provinsi Kalsel sudah mengabulkan usulan Pemda Kabupaten Batola dengan membangunkan satu SMK baru di Semangat Dalam Handil Bhakti Kecamatan Alalak. “Kalau mereka mengusulkan lagi minta dibangunkan satu SMK di Cerbon, tentu kami tampung dulu, mengingat di daerah lain juga ada yang minta di bangunkan SMK baru,” paparnya.

Baca juga=Guru TK Se Kalsel Meriahkan HUT IGTKI

Dijelaskan Syamsuri, selain di Cerbon, permintaan untuk dibangunkan SMK baru adalah Kecamatan Piani Kabupaten Tapin dan Kabupaten Balangan. “Dua daerah ini menjadi prioritas kami, karena disana semua sarana pendukung untuk adanya SMK sudah tersedia. Insya Allah tahun 2020 kami akan bangun,” tandasnya.

Penulis: Anas Aliando
Redaktur: Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com