Untuk Memperbaiki Kerusakan Jalan Gubernur Subarjo,  Pelindo Siap Gelontorkan Dana Rp4 Miliar

oleh -178 views
CEO PT Pelindo III Regional Kalimantan, Boy Robiyanto (dua dari kanan) foto bersama dengan para undangan usai acara Halal Bihalal PT Pelindo III Cabang Banjarmasin dengan unsur Maritim dan Stakeholder, Jumat siang.(Anas Aliando)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Sepanjang kurang lebih 200 Meter Jalan Gubernur Subarjo yang merupakan akses jalan utama  menuju dan keluar  Pelabuhan Trisakti rusak. Akibatnya arus lalu lintas menuju dan keluar pelabuhan tersebut terhambat. Upaya perbaikan akan segera dilakukan PT Pelindo III Cabang Banjarmasin, namun masih menunggu persetujuan Balai Besar Jalan Nasional (BBJN).

CEO PT Pelindo III Regional Kalimantan, Boy Robiyanto mengatakan, pihaknya tidak bisa membiarkan jalan tersebut semakin rusak, apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan. “Karena jalan Gubernur Subarjo merupakan jalan nasional, maka kami sebelum melakukan perbaikan harus berkoordinasi dulu dengan Balai Besar Jalan Nasional agar tidak melanggar aturan,” ujarnya kepada kalselpos.com, disela – sela acara Halal Bihalal PT Pelindo III Cabang Banjarmasin dengan unsur Maritim dan Stakeholder, Jumat (14/6/2019) siang.

Baca juga=Jual Sabu di Banjarmasin, Warga Bangkalan diciduk Polisi

Boy berkata, seandainya  persetujuan dari BBJN sudah turun, maka Pelindo akan segera memperbaiki jalan tersebut. “Sampai saat ini kami terus menunggu persetujuan desain dari balai besar,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Pelindo sudah mempersiapkan dana Rp4 Miliar untuk memperbaiki jalan akses utama menuju dan keluar pelabuhan tersebut. “Dana sudah siap. Pengerjaan jalan diperkirakan selama satu tahun dan masa pemeliharaan satu tahun. Kita berharap persetujuan segera turun sehingga bisa segera dikerjakan,” harapnya.

Dengan rusaknya jalan, lanjut Boy, aktivitas lalu lintas terhambat dan tentunya menimbulkan dampak bagi aktivitas di pelabuhan. “Sedikit terhambat lah, kalau jalannya mulus kan lalu lintas jadi lebih lancar,” cetusnya.

Baca juga=Jual Sabu di Banjarmasin, Warga Bangkalan diciduk Polisi

Meski demikian, Boy  mengaku sedikit lega karena masih ada jalan alternatif menuju dan keluar pelabuhan yaitu melalui Jalan Barito Hilir. “Jalan Barito Hilir kondisinya masih baik sehingga lalu lintas menuju dan keluar pelabuhan tidak terhambat,” imbuhnya.

Selain Jalan Gubernur Subarjo, kerusakan jalan di lingkungan Pelabuhan Trisakti adalah Jalan Lumba – lumba. Namun Pelindo  mengaku tidak bisa serta merta melakukan perbaikan karena status jalan tersebut milik Pemerintah Kota Banjarmasin. “Jalan itu milik pemerintah kota Banjarmasin, kalau saja di serahkan kepada kami, tentunya kami akan perbaiki juga,” tuturnya.

Boy berujar, beberapa waktu lalu ketua DPRD Kota Banjarmasin pernah menanyakan soal Jalan Lumba – lumba yang kondisinya rusak parah kepada dirinya. “Saya sampaikan pada Ketua DPRD Kota Banjarmasin bahwa seandainya Pemko Banjarmasin atau pemerintah pusat tidak tersedia anggaran untuk perbaikan jalan Lumba – lumba, serahkan saja pada kami. Pelindo siap memperbaiki,” tandasnya.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Aspihan Zain
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com