TP-PKK Dan Dinas Kesehatan Kotabaru laksanakan Pemeriksaan Iva Tes Dan Sadanis Bagi Wanita

oleh -121 views

KOTABARU, K.Pos – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kesehatan Kotabaru serta bersama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten melaksanakan kegiatan pemeriksaan Iva Tes dan Sadanis untuk penjaringan resiko Kanker Servisk dan Payudara, Senin (24/06) kemaren yang bertempat di Desa Rampa Lama Kecamatan Pulau Laut Utara Kotabaru.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP-PKK kabupaten Hj.Fatma Idiana Sayed Jafar, Kepada Dinas Kesehatan Kotabaru Drs. H. Akhmad Rivai, Camat Pulau Laut Utara, Kepala Pusekesmas Kotabaru, Kepala Puskesmas Desa Sebatung, Kepala Puskesmas Desa Dirgahayu, Kepala Desa Rampa Lama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta warga masyarakat setempat.

Baca juga=Pra TMMD 105 Kodim 1004 Kotabaru “Tancap Gas” Kejar Target

Dalam sambutannya Ketua TP-PKK Kotabaru Hj.Fatma Idiana Sayed Jafar mengatakan, ucapan terima kasih kepada semua pihak di jajaran pemerintah kabupaten kotabaru, organisasi profesi bidang kesehatan dan seluruh lapisan masyarakat di kabupaten Kotabaru yang telah ikut berperan dalam menyukseskan program iva dan sadanis dalam upaya mencegah kanker dan mengobati sedini mungkin wanita yang terdeksi kanker serviks dan kanker payudara di Indonesia khususnya di kabupaten Kotabaru.

Program iva dan sadanis lanjut Fatma, merupakan program kesehatan utamanya dalam pengendalian kanker pada wanita yang dapat mencegah dengan melakukan pemeriksaan iva dan sadanis secara berkala serta pokok sasaran dalam kegiatan ini untuk dapat menekan angka kematian yang dikarenakan kanker untuk di tahun 2018 ada sekitar 6000 orang wanita yang yang dilakukan pemeriksaan iva dan sadanis dan tahun 2019 sekitar 3000 bahkan sampai saat ini untuk pemeriksaan iva dan sadanis sudah melampai batas.

“Semua capaian yang didapat sumuanya itu tidak terlepas atas dukungan dari para pakar dan dokter spesialis, ahli kesehatan masyarakat dan ahli hukum serta wakil-wakil dari jajaran lintas sektor serta organisasi profesi bidang kesehatan,” ucap Fatma.

“Tentunya kita mengetahui kegiatan ini sangat penting dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan perlindungan optimal kepada wanita dari penyakit kanker maka dari itu pemeriksaan iva test dan sadanis untuk penjaringan resiko kanker serviks dan payudara dan juga kegiatan ini merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Kotabaru ke-69 maka dari itu sasaran kami di Kecamatan Pulau Laut Utara yang terbagi dari 21 desa dan yang ada,” jelas Fatma.

Disisi lain Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru H.Akhmad Rivai juga menyampaikan bahwa, Kegiatan yang laksanakan ini merupakan ide dari Ketua TP- PKK Kotabaru, maka dari itu kami bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan iva test dan sadanis.

Ia juga menjelasakan bahwa, “wanita yang diperbolehkan melakukan pemeriksaan iva test dan sadanis serendah rendahnya berumur 15 tahun atau sudah menikah, tapi kalau belum menikah umurnya sudah mencapai 15 tahun itu sudah boleh dilakukan pemeriksaan sedangkan usia dibawah 15 tahun kami belum bisa melakukan pemeriksaan,” jelas Rivai.

Baca juga=Pra TMMD 105 Kodim 1004 Kotabaru “Tancap Gas” Kejar Target

“Dengan iva dan sadanis dapat menciptakan wanita indonesia yang sehat dan berkualitas yang bebas dari kanker serviks dan kanker payudara serta meningkatkan angka harapan hidup pada wanita,” tandasnya.

Penulis:Muliana/Uzi/ Ardiansyah
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com