Tim Verifikasi Proklim sasar Desa Lokbinuang dan Desa Gumbil

oleh -429 views
Tim Verifikasi Proklim saat melakukan penilaian (Ahmad Fauzie)

KANDANGAN, Kalselpos.com – Karena dianggap memiliki nilai tinggi untuk mengikuti program Kampung iklim, Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapat kunjungan tim penilai lapangan Verifikasi Pusat Program Kampung iklim (Proklim) di Desa Lokbinuang dan Desa Gumbil, Senin dan Selasa (24-25/06/2019).

Lokasi penilaian

 

Kegiatan yang mendapat sambutan Camat, kepala desa,perangkat desa dan masyarakat setempat ini disambut di kedua Kantor Desa.

Baca juga=Tujuh Fraksi DPRD Setujui LKPj APBD HSS 2019 Menjadi Perda‎

Selanjutnya tim verifikasi menyusur beberapa titik lokasi yang menjadi sasaran tim di Desa Lokbinuang,
diantaranya melihat lokasi irigasi, lahan pertanian,perkebunan, peternakan unggas,ikan kambing dan kelinci,beberapa jenis tanaman toga dan tanaman hias, kolong rumah panggung warga, pemanfaatan energi ramah lingkungan hingga kegiatan pembuatan kue semprong oleh ibu-ibu setempat.

Sementara di hari kedua tim verifikasi melakukan survei di Desa Gumbil, tim menyisir perkebunan melon, tomat, cabe,Karet, Gharu dan beberapa tanaman sayur mayur. Selain itu tim verifikasi juga menaiki bukit Batu Baduduk untuk melihat sumber mata air pegunungan yang digunakan penduduk setempat untuk kebutuhan rumah tangga dan persawahan.

Tim verifikasi yang didampingi pihak Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini rencananya akan melakukan penilaian lagi di dua desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Juli mendatang.

Camat Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan,Bardamaini, mengatakan,meski program ini baru diikuti namun masyarakat desa begitu antusias,ia berharap ini bisa menjadi contoh bagi desa lainnya.
“Ini merupakan sesuatu yang baru bagi masyarakat kami,namun masyarakatnya antusias melakukukan perubahan kearah kebaikan terhadap lingkungan,semoga ini bisa menjadi contoh bagi desa lainnya,” ucap wanita berkacamata ini.

Verifikasi dua desa di Kecamatan Telaga Langsat ini mendapat apresiasi Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Selatan,Saputra. Ia mengatakan,empat desa yang masuk dalam verifikasi ini merupakan desa yang diajukan. “Keempat desa ini memang yang diajukan sebagai kontestan karena desanya memang memiliki potensi,”ungkapnya.

Secara mandiri warga setempat telah dapat mengatasi persoalan-persoalan lingkungan seperti pengairan irigasi persawahan,sumur resapan air pemanfaatan lahan pekarangan hingga pembuatan pupuk organik.

Kecamatan yang memiliki sekitar 70 kelompok tani ini,juga akan menerapkan penggunaan pupuk organik serta pestisida organik

Baca juga=Tujuh Fraksi DPRD Setujui LKPj APBD HSS 2019 Menjadi Perda‎

-Selain itu petani Lokbinuang akan melakukan penanaman padi di seluas 10 hektare tanpa menggunakan pupuk kimia yaitu hanya menggunakan pupuk organik.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor. : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA. Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com