Tim Penilai Lomba Desa datangi Kelurahan Lanjas

oleh -240 views
TIM PENILAI - Tim dari provinsi menilai desa/kelurahan Lanjas, yang jadi wakil Barito Utara dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.(asli)

MUARA TEWEH, K Pos– Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, didampingi Wakil Ketua I DPRD Hj Meri Rukaini, Camat Teweh Tengah M Mastur, Lurah Lanjas Tri Winarsih, tim penggerak PKK Kelurahan Lanjas, beserta instansi terkait lainya, sambut kedatangan para tim penilai lomba yang diketuai dari Dinas PMD Provinsi Eko Silistiono.

Kedatangan  tim penilai lomba untuk menilai desa/ Kelurahan, dimana Kelurahan Lanjas, Kabupaten Barito Utara (Barut) mewakili Barito Utara dalam rangka mengikuti lomba desa dan kelurahan untuk tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2019.

Baca juga=Bupati Barut Lantik 285 Pejabat

Dalam sambutan tertulisnya Bupati Barito Utara H Nadalsyah yang disampaikan wakil bupati Sugianto Panala Putra mengatakan, pelaksanaan penilaian lomba desa dan kelurahan harus didahului dengan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang dinilai.

“Penilaian dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi, dan tingkat regional. Dalam pelaksanaan penilaian lomba desa dan kelurahan mengacu pada indikator penilaian sesuai ketentuan Permendagri No 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan,” kata wabup Sugianto Panala Putra, Senin (24/6/19).

Dikatakannya, dalam penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalteng ini ada tiga bidang yang menjadi penilaian yaitu bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, dan bidang kemasyarakatan.

Menurut Sugianto, ada beberapa keuntungan dalam pelaksanaan lomba desa dan kelurahan selain sebagai ajang kompetisi antar desa dan antar kelurahan diantaranya meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dari semua golongan dalam membangun desa dan kelurahan.

Kemudian memelihara dan meningkatkan kebersihan lingkungan baik lingkungan pekarangan masing-masing maupun lingkungan sarana umum yang ada dengan demikian dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat.

“Pemkab Barito Utara selalu berupaya untuk mendukung pelaksanaan pembangunan desa dan kelurahan khususnya pelaksanaan lomba desa dan kelurahan ini secara obyektif. Sehingga tidak menimbulkan kesan bahwa lomba desa dan kelurahan adalah suatu kegiatan rutin semata yang sarat  dengan acara seremonial,” ujarnya.

Akan tetapi lebih dari itu yang diharapkan adalah betul-betul merupakan kewajiban dan tanggung jawab bersama sebagai pemimpin dan pemerintah desa sehingga dapat bekerjasama dengan semua lapisan masyarakat untuk berupaya membangun desa/kelurahan yang dapat dibanggakan dan berprestasi seperti sekarang ini paling tidak sebagai juara lomba desa dam kelurahan tingkat Kabupaten Barito Utara.

Sementara, ketua tim penilai lomba desa dan kelurahan Eko Silistiono mengatakan bahwa maksud dan tujuan kedatangan kami dari Dinas PMD Kalteng dan tim penilai lomba datang dan berkunjung ke Muara Teweh, khususnya di Kelurahan Lanjas ini adalah untuk bersilaturahmi saling mengenal dan untuk melihat potensi dari Keluarahan Lanjas ini.

Baca juga=Bupati Barut Lantik 285 Pejabat

“Kira-kira nanti, kalau memang rezeki, kalau memang dianggap mampu bisa mewakili Provinsi Kalimantan Tengah dalam kegiatan penilaian lomba kelurahan ditingkat nasional. Kami sangat berterima kasih atas penyambutan ini secara adat, karena ini memang adat kita di Kalimantan Tengah,” kata Eko Silistiono.

Penulis : Asli
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com