Tanbu Akan Menggelar Pilkades Serentak Pada 19 September 2019

oleh -324 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2019.

Sosialisasi dibuka oleh Bupati Tanbu H Sudian Noor diwakili Asisten Bidang Pemerintahan, Hj Mariani, Rabu (12/6) di Kantor DPMD Tanbu di Gunung Tinggi, Batulicin.

Peserta Sosialisasi yaitu di ikuti oleh Desa Sari Gadung Kecamatan Simpang Empat. Sedangkan Kecamatan Batulicin yaitu Desa Segumbang, Desa Maju Makmur, Desa Kersik Putih, Desa Polewali Marajae dan Desa Suka Maju.

Baca juga=PT. Nusantara Batulicin Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Karang Bintang

Bupati H Sudian Noor dalam sambutanya disampaikan Asisten 1 Hj Mariani, mengatakan menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa serentak Tahun 2019.

Karenanya pemilihan kepala desa sangat penting dan strategis bagi masyarakat untuk memilih kepala desa yang akan memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa selama 6 tahun kedepan.

Terkait sosialisasi ini, sebutnya sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mensukseskan penyelenggaraan Pilkades serentak di Tanbu.

“Sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan pencerahan dan menambah wawasan Panitia Pengawas Pemilihan dan Panitia Pemilihan Kepala Desa, serta menjadi media untuk memberikan sosialisasi yang tepat kepada masyarakat tentang arti penting Pilkades,” ucapnya.

Baca juga=PT. Nusantara Batulicin Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Karang Bintang

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat menghasilkan kepala desa yang berintegritas dan berkualitas, serta amanah dalam menjalankan tugasnya.

Sementara itu Kepala DPMD Tanbu, Nahrul Fajeri, menambahkan, Pilkades serentak tahap ketiga akan dilaksanakan oleh 42 desa di 10 kecamatan yang berada di Tanbu pada 19 September 2019.

Dari 10 kecamatan di Tanbu hanya Kecamatan Kusan Hulu yakni Desa Temuni dan Batu Bulan yang saat ini masih dalam persiapan pembentukan Panitia Pilkades menunggu dilantiknya anggota BPD yang baru tanggal 17 Juni nanti, ujarnya.

Nahrul menambahkan, adanya perubahan aturan pilkades serentak 2019, antara lain mengatur bakal calon kepala desa boleh orang luar desa atau bukan berdomisili di desa setempat, selain itu adanya aturan penyelesaian terhadap sengketa pilkades diselesaikan di tingkat panitia pilkades kabupaten.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com