Siapkan Tenaga Kerja, Pemkab HST Latih Masyarakatnya

oleh -160 views

BARABAI, Kalselpos.com – Demi memberikan bekal dan menyiapkan tenaga kerja siap pakai yang mampu bersaing di era globalisasi, pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) latih masyarakatnya.

Melalui Dinas Penanaman Modal, PTSP, Dan Tenaga Kerja Kabupaten HST menggelar Pelatihan Keterampilan jurusan Bengkel, Sepeda Motor, Menjahit dan Prosesing Hasil Pertanian bagi pencari kerja di Balai Pelatihan Kerja (BLK) Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja HST.

Baca juga=Tukang Kisah Ngetop dari Barabai Berpulang ke Rahmatullah

Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kab HST H Zamhasari mengatakan, pelatihan diikuti sebanyak 60 orang dari berbagai wilayah di HST, “Bengkel sepeda motor dengan 20 orang peserta, prosesing hasil pertanian (PHP) 20 orang dan menjahit 20 orang. Pelaksanaan pelatihan selama 24 hari dari tanggal 19 Juni 2019 sampai 16 Juli 2019 mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati HST H A Chairansyah melalui Sekda H Akhmad Tamzil mengungkapkan, dengan mengikuti pelatihan ini kelak peserta mampu menghasilkan pekerjaan dengan peningkatan kewirausahan masyarakat khususnya di bumi Murakata. Hal itu dibarengi dengan membaca peluang usaha dan mendirikan usaha sendiri yang pada akhirnya secara tidak langsung mereka akan turut menciptakan lowongan kerja.

“Kita tentunya mengahrapkan hal ini mampu, menekan tingkat pengangguran dan kemiskinan sehingga berkurang. Dengan demikian dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) nya,” cetusnya.

Baca juga=Tukang Kisah Ngetop dari Barabai Berpulang ke Rahmatullah

Ia juga meghimbau agar peserta memananfaatkan kegiatan pelatihan keterampilan dengan sebaik – baiknya sehingga dapat dijadikan bekal keterampilan yang mampu ditawarkan kepada perusahan yang memputuhkan karyawan, disamping menjadi bekal usaha sendiri yang mandiri untuk mampu menyerap tenaga kerja.

Penulis : adiyat
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com