Server terganggu, Walikota Langsung datangi Capil

oleh -230 views
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, melihat langsung kondisi kantor dan pelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapil yang sempat mengalami gangguan server e-KTP.(fudail)

Di hari kedua masuk kerja usai libur panjang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, jumlah pengunjung di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin membludak. Akibatnya, server jaringan layanan administrasi kependudukan sempat mengalami gangguan

===============================

BANJARMASIN, K.Pos – Banyaknya warga yang datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin, pada Selasa (11/5). Mengundang perhatian dari Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, pihaknya langsung mendatangi dan memantau aktivitas layanan di tempat itu.

 

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, pada hari kedua masuk kerja usai libur panjang tersebut, terjadi peningkatan jumlah pengunjung yang sangat tinggi di Disdukcapil setempat.

Baca juga=Usai Lebaran Idul Fitri, Kantor Samsat Banjarmasin 2 “diserbu” Masyarakat

“Saya memantau dari CCTV di Command Center, ternyata di Dukcapil penuh dengan pengunjung,” ujar Ibnu Sina, Selasa (11/6) kepada wartawan.

 

Dikatakannya, kondisi itu cukup luar biasa, hingga dirasa perlu untuk di cari tahu apakah yang sedang terjadi. Ternyata, banyaknya pengunjung tersebut akibat adanya gangguan server e-KTP.

 

“ Jadi saya meminta kepada Kadisdukcapil agar bisa membaiki secepat mungkin, supaya layanan bagi warga tidak terganggu dan mengakibatkan antrian panjang,” ungkapnya. 

 

Dijelaskannya, meski layanan administrasi e-KTP mengalami gangguan, namun untuk pembuatan Akta Kelahiran juga Kartu Keluarga baik perubahan atau kartu keluarga yang hilang tidak mengalami masalah.

Baca juga=Usai Lebaran Idul Fitri, Kantor Samsat Banjarmasin 2 “diserbu” Masyarakat

Tetapi kondisi itu turut mempengaruhi banyak jumlah pengunjung yang datang, mengingat

banyak pula pengunjung  yang berurusan di kanto itu, untuk melegalisir berkas pendaftaran TNI.

Pada kesempatan yang sama beber Ibnu Sina, pihaknya juga mengunjungi Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang masih dalam satu lingkungan gedung kantor. Di sana sidak banyak masyarakat yang mengajukan perizinan dan perpanjangan. 

 

“Ini tentu karena sudah dilaksanakannya layanan terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS),” cecarnya.

Dengan ada nya OSS tersebut bisa mempercepat atau mempermudah perizinan atau memperpanjang izin. “Saya memastikan saja, bahwa perizinan Kota Banjarmasin dengan OSS itu sudah bisa berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Penulis: fdl/asp
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com