Polres Kotabaru Laksanakan Apel Konsolidasi Operasi Kepolisian Ketupat Intan 2019

oleh -128 views

KOTABARU, kalselpos.com – Polres Kotabaru melaksanakan Apel Konsolidasi Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Intan 2019” dan Persiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU), Kamis (13/06) tadi.

Apel tersebut di pimpin langsung oleh Kapolres Kotabaru AKBP suhasto, SIK,MH selaku inspektur upacara yang juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru, Forkopimda dan Tamu Undangan.

Baca juga=Ini Kawasan Kotabaru yang Tergenang

Dalam apel tersebut juga melibatkan Prajurit dari Kodim 1004, Danlanal, Anggota Polres Kotabaru, Dinas Perhubungan serta Satuan Pengamanan yang ada di Kotabaru (Satpam).

Sebelum mengawali sambutannya Kapolres AKPB Suhasto menyampaikan atas nama pribadi dan Kepala Kepolisian resort Kotabaru mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah mohon maaf lahir dan bathin dengan teriring doa semoga amal ibadah kita selama di bulan ramadhan tahun ini diterima serta bernilai pahala di sisi Allah SWT.

Baca juga=Ini Kawasan Kotabaru yang Tergenang

Tentunya kita akan mengetahui bahwa, apel konsolidasi ini diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia pada hari ini dan merupakan salah satu tahapan penting dalam sistem manajerial untuk mengevaluasi pelaksanaan operasi Kepolisian Terpusat Ketupan Intan 2019 serta dalam rangka kesiapan pengamanan putusan sidang Mahkamah Konstitusi pada Pemilu 2019 yang akan mulai digelar pada tanggal 14 Juni 2019 ini.

Operasi Kepolisian ini lanjut Kapolres, juga dalam rangka pengamanan lebaran yang telah digelar selama 13 hari yang di mulai dari tanggal 29 Mei sampai dengan tanggal 10 Juni 2019 tadi dengan melibatkan 40 personil Polres Kotabaru dan dibantu instansi lain seperti TNI AD, TNI AL, Senkom, Pramuka, Basarnas, Sahbandar dan Dinas Kesehatan.

“Alhamdulillah pelakasanaannya dapat berjalan lancar sesuai dengan tahapan-tahapan operasi yang telah direncanakan,” tuturnya.

Lebih jauh lagi dijelaskannya bahwa, gambaran secara umum untuk wilayah Kabupaten Kotabaru pada pelaksanaan kegiatan Operasi Ketupat Intan 2019 Polres Kotabaru telah mendirikan 1 Pos pengamanan yang ada di Siring Laut Kotabaru dan juga 1 Pos pelayanan yang di tempatkan dipelabuhan penyeberangan Ferry Tanjung Serdang Kotabaru. Serta adapun jumlah data keberangkatan kendaraan pada penyeberangan Ferry sebanyak 5.991 unit dengan jumlah penumpang 5.474 orang, sedangkan jumlah data kedatangan 5.215 unit dengan jumlah penumpang 5.710 orang.

Selama operasi Ketupat ini lanjut Kapolres, Kamtibmas yang terjadi sebanyak 4 kasus yaitu penemuan mayat 1 kasus, pemerkosaan 1 kasus dan Laka Lantas 2 kasus.

Adapun kejadian menonjol pada H+3 lebaran telah terjadi bencana banjir dan tanah longsor dikarenakan intensitas curah hujan yang cukup tinggi sehingga arus lalu lintas serta aktivitas warga terhambat, kejadian tersebut mengakibatkan 5 rumah warga terendam banjir dan 1 rumah tertimbun tanah longsor yang berada diDesa Gunung Sari Kecamatan Pulau Laut Utara pekan lalu.

“Pada kesempatan ini saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh personil Polri, TNI dan pemangku kepentingan yang telah terlibat dalam Operasi Ketupat tahun 2019 sehingga secara keseluruhan operasi Ketupat Intan 2019 berjalan dengan baik dan lancar,” tandasnya.

Penulis: Muliana
Editor:Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com