Pemkab Tanbu Salurkan DTT Untuk Korban Banjir

oleh -321 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Banjir yang terjadi di 42 desa pada 7 kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) sudah mulai surut.

Menurut keterangan Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Eryanto Rais, dari data yang masuk ada 42 desa dari 7 kecamatan yang terdampak banjir pada saat ini.

Dari 42 desa yang terdampak terdapat 6.097 KK dengan jumlah 20.603 jiwa, sedangkan untuk lahan pertanian dari wilayah yang terdampak ada 1.538,27 hektar yang terendam banjir.

Baca juga=Ratusan Peserta Ikuti Festival Generasi Qur’ani II Tanah Bumbu

“Kita masih dalam suasana tanggap darurat sampai dengan 23 Juni 2019, dan setelah itu akan memasuki pasca bencana”, ujarnya.

Pasca bencana nanti BPBD akan melakukan pemetaan kerusakan baik infrastruktur dan lainnya, serta akan menyalurkan kembali bantuan logistik kepada masyarakat melalui Dana Tak Terduga (DTT).

Pada tahun ini untuk pengelolaan DTT akan diserahkan BPBD secara langsung kepada masing-masing kecamatan melalui camat setempat.

“Camat akan menggunakan atau membelanjakan DTT secara langsung untuk kebutuhan warga masyarakatnya”, sebutnya.

Baca juga=Ratusan Peserta Ikuti Festival Generasi Qur’ani II Tanah Bumbu

Perlu diketahui dari 7 kecamatan yang terdampak banjir sudah 3 kecamatan dilakukan realisasi pembayaran DTT yakni Kecamatan Satui, Karang Bintang dan Sungai Loban, sementara 4 kecamatan lainnya masih dalam proses.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com