Pemkab HSU gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila

oleh -215 views

AMUNTAI, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) turut peringati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini 1 Juni.

Bertempat di Halaman Kantor Bupati, peringatan dilaksnakaan dengan gelaran upacara yang dipimpin Bupati Drs. H. Abdul Wahid HK, M.M, M.Si, bersama ASN di lingkungan Pemkab HSU, Sabtu (1/6).

Baca juga=Amuntai Expo Bertabur Hadiah
Baca Juga=
MA ‘anulir’ Vonis 7,8 Tahun PN Amuntai

Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Hariyono dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati HSU H. Abdul Wahid HK mengatakan, keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari Indonesia. Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan Nusantara. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis. Keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak zaman pra aksara hingga sekarang.

Baca juga=Amuntai Expo Bertabur Hadiah
Baca Juga=
MA ‘anulir’ Vonis 7,8 Tahun PN Amuntai

menurutnya, Pancasila mampu menyatukan kita masyarakat sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Oleh karena itu sebagai keyakinan dan pendirian yang asasi Pancasila harus terus diperjuangkan. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika, “ tuturnya.

Adapun dalam perspektif sejarah, dengan peringatan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 juni, mari kita kenang jasa para pendiri bangsa sekaligus menggali nilai-nilai fundamental Pancasila sebagai dasar negara sehingga bangsa Indonesia yang beragam dapat bersatu dan menyatu dalam satu bangsa.

“Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh Panitia Kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945, “ ingatnya.

namun dari semua itu, ia mengajak melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019, kita jadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran, makmur dalam keadilan.

Selain Pemkab HSU dan ASN, peringatan Hari Pancasila juga dilaksanakan oleh Polres HSU yang digelar di Halaman Mapolres. Apel dipimpin secara langsung oleh Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sopiyan, S. IK diikuti seluruh jajaran anggota Polisi dan ASN Polres HSU.

Penulis : adiyat
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

 

 

                        Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Slider