Mesin Politik siap Kembali Dipanaskan

oleh -143 views
Ketua KPUD Kabupaten Kotabaru

KOTABARU, Kalselpos.com – Perhelatan akbar pesta demokrasi 5 tahunan sudah usai dilaksanakan pada April 2019 lalu, baik untuk memilih Presiden maupun anggota legislatif dari daerah hingga ke senayan DPR RI. Pertarungan mesin politik belum usai, karena di tahun 2020 mendatang kembali akan di perebutkan kursi kepemimpinan Bupati di tingkat Kabupaten sampai ke tingkat Provinsi.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kotabaru, Zainal Abidin yang di jumpai wartawan kalselpos.com menjelaskan bahwa, khusus di Provinsi Kalimantan Selatan ada 7 wilayah yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), ditambah 1 daerah yang akan memilih Gubernur Kalimantan Selatan.

Baca juga=Dinas Perumahan dan Pertanahan Kotabaru Tunggu Penyerahan Rusunawa dari Provinsi

“Ada 7 daerah yang akan ikut Pilkada 2020 nanti yakni, Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu, Banjar Baru, Banjarmasin, Balangan, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, ditambah 1 pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan,” tutur Zainal.

Dijelaskannya lebih jauh, untuk Pilkada ada 3 tahapan yang akan dilaksanakan yaitu, persiapan, pelaksanaan dan terakhir adalah evaluasi dan berdasarkan informasi yang diterima pihak KPUD Kotabaru pada akhir Juni 2019 akan terbit informasi tahapan awal apa saja yang akan dilaksanakan.

“Akhir Juni 2019 ini akan terbit tahapan Pilkada dan kalau tidak salah di perkirakan bulan September 2019 nanti sudah di mulai tahapan awal Pilkada 2020,” jelasnya pula.

Ketika di tanyakan terkait apakah sudah ada yang calon-calon yang melakukan koordinasi kepada KPUD Kotabaru terkait Pilkada 2020, ia mengakui ada salah satu tim calon Bupati yang menanyakan jalur independent.

“Memang ada salah satu tim menanyakan ke kami dan meminta penjelasan kalau mau maju sebagai calon Bupati Kotabaru melalui jalur independent. Namun hanya sebatas diskusi ringan saja,” tambahnya.

Untuk Pilkada tahun 2020 pihaknya mengacu pada pemilihan terdekat pada Juni 2018 lalu khusus di Provinsi Kalimantan Selatan, yang mana ada 4 daerah yang melaksanakan pemilihan Kepala Daerah serentak.

Baca juga=Dinas Perumahan dan Pertanahan Kotabaru Tunggu Penyerahan Rusunawa dari Provinsi

“Kami dari KPUD Kotabaru bersama seluruh masyarakat tentu berharap Pilkada nanti akan berlangsung aman, damai dan kondusif serta para kontestan dapat mengikuti tahapannya sesuai dengan regulasi, yang lebih penting adalah calon yang terpilih akan mampu menjalankan amanah rakyat sehingga dapat menjalankan fungsi dan tugasnya sebagaimana harapan untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Kotabaru,” pungkasnya.

Penulis:uzi/Muliana/Ardiansyah
Editor:Wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com