Liburan, Objek Wisata Riam Bajandik Ramai Dikunjungi

oleh -400 views
Objek Wisata Riam Bajandik

BARABAI, Kalselpos.com – Desiran dan gemercik air serta Keindahan alam berlatar pegunungan Meratus tertuang di Objek wisata ini. Riam Bajandik yang terletak di Desa Baru Jalan H.M.Taher Kecamatan Batubenawa, saat ini telah dieksplore masyarakat setempat, menjadikan sebagai objek wisata baru.

Setelah Desa Haliau telah menjadi destinasi wisata, kini di kecamatan tersebut di buka kembali objek wisata baru, ya’ni Riam Bajandik, yang terletak di Desa Baru, atau dikenal sebutan Waki. Letaknya pun masih satu Kecamatan yaitu di Batubenawa.

Pengunjung objek wisata

Baca juga=Komisi IV DPRD Bahas Penyaluran Dana Hibah di HST

Objek wisata yang mengandalkan hulu Sungai Benawa ini, areanya lebih lebar namun airnya surut,sekian itu airnya yang jernih dan sejuk sangat cocok dijadikan tempat berekreasi. Tak hanya warga Hulu Sungai Tengah (HST), tapi juga dari luar HST berdatangan termasuk dari Banjarmasin bahkan dari luar provinsi Kalimantan Selatan.

Sebelum tempat itu dikenal luas, masyarakat setempat secara swadaya “mengarsiteki” area sungai itu agar terlihat cantik.  Selain memasang nama lokasi berupa huruf warna warni sebagai identitas, juga membuat beberapa fasilitas seperti toilet jembatan,rakit bangku bambu,meja kayu sampan, dan berbagai fasilitas lainnya untuk memanjakan pengunjung agar dapat bersantai.

Banyak tempat yang bisa dijadikan spot berfoto seperti tulisan hias warna-warni Riam Bajandik dan jembatan bambu.

Untuk menuju replika lanting pengujung bisa menyeberangi sungai, menggunakan jembatan gantung.atau menyeberangi sungai dengan meniti batu. Jembatan gantung tersebut, juga dapat menjadi salah satu spot berfoto yang menarik dengan latar belakang, pegunungan Meratus yang hijau kebiruan. Kondisi sungai cukup lebar, dengan air yang saat ini surut, membuatnya aman bagi pengunjung.

Baik untuk mandi, atau sekadar mencuci muka, airnya yang bening dan dingin. Hamparan batu di dasar sungai juga cukup aman di lewati, karena tak terlalu licin.

“Perjalanan yang melelahkan kesini terbayar sudah dengan keindahan alam pegunungan yang sejuk, dan airnya yang jernih” ungkap Rini Erliani yang datang bersama teman Alumnusnya dari Banjarmasin. Rini berharap pengelolaan objekwisata ini bisa lebih baik lagi kedepannya, seperti melengkapi fasilitas-fasilitas dan memperhatikan kebersihan.

Untuk mencapai Riam Bajandik sendiri, cukup mudah. Dari Barabai, bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, kurang lebih 8 km atau sekitar 20 menit untuk tiba di lokasi. Posisi Riam Bajandik, berada di sebelah kanan. Dengan menuruni tebing tangga dari tanah yang dilengkapi batang bambu untuk berpegangan.

Salah seorang pihak pengelola,Arbain, mengatakan,pengunjung sangat banyak pada akhir pekan,terlebih saat liburan sekolah seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Arbain juga mengatakan belum ada tarif resmi untuk masuk ke objek wisata ini. ” Kami hanya menarik biaya parkir, kebersihan,dan sewa tempat beristirahat” ucap Arbain.

Baca juga=Komisi IV DPRD Bahas Penyaluran Dana Hibah di HST

Bagi anda yang ingin berlibur menikmati pesona alam pegunungan dan aliran air yang jernih, jangan lupa objek wisata baru di HST ini.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor. : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA.Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com