Kejari Tanbu Berikan Penyuluhan Hukum Model Baru Terhadap Pelajar

oleh -106 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Program penyuluhan hukum dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu (Kejari Tanbu) melalui Seksi Intelijen yaitu program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) model baru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kusan Hilir, Rabu (19/6).

Dalam program JMS model baru ini, Kejari Tanbu mengajak puluhan siswa-siswi SMAN 1 Kusan Hilir untuk melihat secara langsung jalannya persidangan perkara narkotika di Pengadilan Negeri Tanah Bumbu.

 

Sebelum melihat langsung jalannya persidangan, siswa-siswi diberikan materi penyuluhan hukum tentang Tindak Pidana Narkotika yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika oleh Tim Luhkum, serta diberikan pemahaman oleh Tim JPU tentang tata tertib dan tata cara jalannya persidangan.

Baca juga=Warga Bersyukur, Jalan Banjarbaru-Batulicin sudah bisa Digunakan

Kepala Seksi Intelijen Kejari Tanbu, Fajar Seto Nugroho, selaku pemberi materi, menjelaskan, kegiatan ini berawal dari keprihatinan Kajari Tanbu Bapak Dede Sutisna SH,MH beserta Jajaran Kejari Tanbu akan tingginya tingkat perkara narkotika di Kabupaten Tanah Bumbu yang dalam periode Januari hingga pertengahan Juni 2019 sudah tercatat sebanyak 55 perkara narkotika di Kejari Tanbu.

Atas dasar itulah akhirnya digagas program JMS (Jaksa Masuk Sekolah) model baru yang langsung on the spot dengan mengajak para siswa-siswi melihat langsung jalannya persidangan narkotika, sehingga timbul kesadaran hukum dari para siswa maupun siswi akan bahaya narkoba bagi masa depan mereka.

“Ada sekitar 50 siswa maupun siswi didampingi Kepala Sekolah beserta Guru SMAN 1 Kusan Hilir yang kami ajak ke Pengadilan Negeri Tanah Bumbu”, sebutnya.

Baca juga=Warga Bersyukur, Jalan Banjarbaru-Batulicin sudah bisa Digunakan

Fajar berharap melalui program ini akan timbul kesadaran hukum bagi siswa-siswi dan tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkotika, sebagaimana tagline kejaksaan “KENALI HUKUM… JAUHKAN HUKUMAN”.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com