Kecamatan Sungai Loban Buka Posko Pelayanan Untuk Korban Banjir

oleh -195 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bergerak cepat membantu warga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Sungai Loban.

Salah satunya yaitu dengan membuka posko penanggulangan bencana banjir.

Posko ini dibuka atas kerjasama Pemerintah Kecamatan Sungai Loban dengan Pemerintah Desa, Puskesmas, dan Poskesdes.

Baca juga=Beberapa Desa di Batulicin dan Simpang Empat Mengalami Banjir

Camat Sungai Loban, Samsir, mengatakan posko penanggulangan bencana banjir ini dibuka untuk melayani pemeriksaaan kesehatan warga terdampak banjir.

“Sebanyak dua posko dibuka untuk melayani warga Desa Sebamban Baru dan Desa Sebamban Lama yang terdampak banjir,” ujar Camat.

Ditambahkan Samsir, di posko tersebut ditempatkan tenaga kesehatan untuk memeriksa kesehatan warga. Dengan dibukanya posko penanggulangan bencana banjir sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah dalam membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Diharapkan keberadaan posko ini dapat membantu masyarakat khususnya dalam hal pelayanan kesehatan.

Adapun lokasi posko yang dibuka sejak Sabtu (8/6) tersebut yaitu untuk Desa Sebamban Lama di Mesjid Miftahul Jannah. Sedangkan Posko untuk Desa Sebamban Baru berada di Jalan Provinsi sekitar kantor desa.

Baca juga=Beberapa Desa di Batulicin dan Simpang Empat Mengalami Banjir

Selain pemerintah daerah, penanggulangan bencana juga turut melibatkan pihak swasta. Salah satunya PT Borneo Indo Bara (BIB) yang memberikan sebanyak 200 paket sembako untuk warga Desa Sebamban Lama dan Desa Sebamban Baru Kecamatan Sungai Loban.

Paket sembako yang didistribusikan berisikan antara lain beras 5 kg, mie instan 1 dus, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter dan kopi 165 gr.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh perwakilan perusahaan kepada Camat Sungai Loban Samsir untuk kemudian didistribusikan kepada masyarakat.

Selain bantuan yang bersifat comsumable, PT BIB juga menurunkan tim ERT (Emergency Response Team) berikut kelengkapan rubber boat dan ambulance untuk membantu evakuasi warga. Dalam hal tindakan gerakan tanggap darurat, tim ERT berkoordinasi dengan pihak desa, kecamatan dan BPBD Tanah Bumbu.

Selanjutanya menurut perwakilan perusahaan, pihaknya juga akan mendistribusikan bantuan paket sembako ke Desa Girimulya, Kuranji, Hatiif dan Mangkalapi.

Penulis: Syahriadi
Editor: Wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com