Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin‎ Bentuk Timpota HSS-Tapin ‎

oleh -209 views
MENYERAHKAN- Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin‎, Syahrifullah memberikan seminar kip sebagai tanda pengunguhan kepada Timpora.(Sofan)‎

KANDANGAN, Kalselpos.com– Kantor Wilayah Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di wilayah Kabupaten Tapin dan Hulu Sungai Selatan (HSS), Senin (19/6) di Hotel Qiana Inn, Kandangan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin‎, Syahrifullah, mengatakan, Timpora dibentuk karena di wilayah Kabupaten Tapin dan HSS belum ada Timporanya.  “Walapun hanya ada empat orang asing, 3 di Kabupaten Tapin dan 1 HSS, namun sangat perlu untuk dibentuk Timpora,” ujarnya.

Baca juga=Sekda HSS Sambut Kedatangan Tim Penilai Asman Toga ‎

Dijelaskankan, pembentukan Timpora ini dilakukan untuk merapatkan barisan guna mengawasi orang asing bersama-sama, baik yang bekerja maupun yang hanya berwisata. “Melalui Timpora kita bisa berbagi informasi antara instansi terkait mengenai orang asing yang masuk wilayah Kabupaten Tapin/HSS,” ujarnya.

Ia berharap, Timpora yang beranggotakan instansi sepeti Polisi, TNI, Kejari‎, Dinas Tenaga Kerja, Dukcapin, nanti bisa melaporkan orang asing yang melakukan aktivitas baik di wilayah Tapin maupun HSS, kepada Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Banjarmasin.

Kedepan, kata dia, setelah pembentukan Timpora di Kabupaten akan dibentuk lagi Timpora tingkat Kecamatan dan Desa, sehingga memudahkan memberikan informasi tentang keberadaan dan aktivitas orang asing. “Sebagi Kecamatan‎ sudah saya bentuk Timpora untuk memudahkan pengawasan orang asing,” ujarnya.

Ia berharap, kepada masyarakat ikut mengawasi orang asing yang ada di daerah‎, yang hasilnya bisa disampaikan kepada Timpora Kabupaten atau bisa langsung kepada pihak Kantor Imigrasi, di Banjarmasin. “Walaup hanya ada empat orang asing, kita tetap perlu melakukan pengawan terhadap mereka, baik yang bekerja maupun yang datang berwisata,” ujarnya.

Baca juga=Sekda HSS Sambut Kedatangan Tim Penilai Asman Toga ‎

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, UKP Kabupaten HSS, Patah Amin, mengatakan, berdasarkan data di Kabupaten HSS hanya ada satu orang asing dari India. “Orang India ini bekerja di PT SAM sebagai mekanik,” ujarnya.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com