Kandidat Calon Pemimpin Banua Bermunculan – Nama Aditya ikut ‘menggelinding’

oleh -1.583 views

Meski baru akan berlangsung 1 tahun lagi, ‘genderang’ Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Provinsi Kalsel, sudah ditabuh. Bahkan, ada kandidat yang sudah berani mengambil ancang – ancang, ‘menggeser’ posisi gubernur incumbent. Yang terbaru, justru nama H Aditya Mufti Ariffin, juga ikut ‘menggelinding’.

 

BANJARMASIN, K.Pos – Setidaknya itulah yang kini mulal disuarakan mantan Bupati Banjar dua periode, H Gusti Khairul Saleh, yang mengaku berkeinginan kuatmaju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel, tahun 2020 nanti.

“Kalau kalah, Saya pasti tidak akan maju. Namun, bila pasti menang Saya akan maju. Kita lihat lah nanti. Yang Saya inginnya, Kalimantan Selatan setara dengan provinsi yang ada di Palau Jawa, “ujarnya, Sabtu (8/6) lalu, kepada Kalsel Pos.

Baca Juga = Jajaran Pemkab Tanbu Hadiri Open House Gubernur Kalsel
Baca Juga = 
Forbab Ingin Politisi Muda Banua Bertarung di Pilkada

Dikatakannya, pada tahun 2015 lalu, dirinya sempat disebut-sebut menjadi salah satu kandidat Gubernur Kalsel. “Sekarang keinginan masyarakat, itu akan Saya wujudkan, untuk maju, ” ujarnya.

Khairul Saleh mengaku optimis untuk maju memimpin Kalsel, jika masyarakat memberi amanah agar provinsi ini lebih maju lagi. Terkait pasangan atau wakilnya masih dipikirkan.

“Ya doakan saja, mudah-mudahan masyarakat Kalsel bisa mendukung Saya atau memberi kepercayaan kepada Saya untuk jadi Gubernur Kalsel ini, “ tutupnya.

Namun, langkah pria bergelar Pangeran, ini bakal ‘terganjal’ , bila yang bersangkutan maju lewat partai politik (parpol) yang kini dibelanya, lantaran akan bersaing ‘lebih awal’ dengan H Muhidin, selaku Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Kalsel.

Apalagi, mantan Walikota Banjarmasin itu, lebih dulu mengkumandangkan diri, akan maju sebagai calon wakil gubernur (cawagub), mendampingi Gubernur\Kalsel incumbent, H Sahbirin Noor, pada Pilgub mendatang.

Dengan kondisi tersebut, DPP PAN di Jakarta, dipastikan bakal ‘bimbang’ mengusung kedua kadernya tersebut.

Baca Juga = Jajaran Pemkab Tanbu Hadiri Open House Gubernur Kalsel
Baca Juga = 
Forbab Ingin Politisi Muda Banua Bertarung di Pilkada

Pastinya, bila Muhidin dapat dukungan maju sebagai Cawagub Kalsel, maka dipastikan langkah Gusti Khairul Saleh untuk maju sebagai pesaing Paman Birin, Gubernur Kalsel incumbent, bakal terhenti, terkecuali yang bersangkutan maju lewat jalur independen atau perseorangan.

Dan langkah tersebut, kabarnya sudah ‘diambil’ Khairul Saleh, guna menghindari benturan dengan H Muhidin.

{[Nama lain Cagub]}

Terlepas itu, nama – nama lain yang cukup berpengaruh di banua juga ikut dimunculkan di media sosial (medsos), seperti Wakil Gubernur Kalsel saat ini, H Rudy Resnawan, Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid serta mantan Bupati Batola dua priode, H Hasanuddin Murad SH.

Baca Juga = Jajaran Pemkab Tanbu Hadiri Open House Gubernur Kalsel
Baca Juga = 
Forbab Ingin Politisi Muda Banua Bertarung di Pilkada

Selain nama nama tokoh mentereng diatas, ikut menggelinding nama tokoh muda banua H Aditya Mufti Ariffin, anak mantan Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin itu oleh sejumlah penggiat medsos didorong menjadi cawagubnya Paman Birin di periode kedua nanti.

Pastinya, pesaing Gubernur Petahana Kalsel, H Sahbirin Noor kelak, bakal ramai, mengingat banyaknya tokoh Banua, yang digadang – gadang nitizen di Medsos, bisa menjadi lawan seimbang Paman Birin di Pilgub 2020 nanti. (gin)

 

Penulis : S.A. Lingga
Penanggung Jawab : S.A. Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com